intens.news
Mitra Informasi

Faktor Cuaca dan Siklus Tahunan, Puluhan Ulat Bulu ‘Serang’ Perkantoran

0 52

Intens.news, PAGARALAM – Wabah ulat bulu mulai merasahkan pegawai, yang bertugas di Perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam, keberadaan puluhan ulat bulu ini pun menggeliat di sejumlah bangunan perkantoran.

Tidak hanya merayap di bagian dinding bangunan, melainkan pula di lantai hingga sejumlah pas pot bunga. Tak sedikit juga dari ulat bulu, memiliki warga kekuning-kuningan ini mati terinjak kaki dan berserakan di lantai.

“Sudah hampir 1 pekan terakhir, keberadaan ulat bulu berwarna kekuningan itu telah memasuki halaman kantor. Dan ini tentu saja, membikin kita merasa kurang nyaman dan merinding,” ujar Angga, seorang petugas jaga di salahsatu Perkantoran Pemkot Pagar Alam.

Sebagai langkah mengurangi jumlah ulat bulu, diakui Angga, dirinya beserta rekannya yang lain, mengumpulkan ulat bulu tersebut lalu dimasukan ke dalam kaleng dan direndam dengan air.

“Ada juga sebagian dari ulat bulu ini, terlihat sudah mati mungkin terinjak kaki,” ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Koordinator Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Kota Pagar Alam, Budi Darma, menuturkan, ulat bulu yang ada di perkantoran ini, berjenis ulat api merah dan ulat bulu berwarna kekuningan itu, banyak terdapat di sejumlah perpohonan di perkantoran.

“Memang biasanya bila terjadi perubahan iklim, populasi ulat bulu akan meningkat, sehingga lebih cepat berkembang bila cuaca panas ataupun musim kemarau, bila populasinya banyak bisa dikendalikan dengan aplikasi bahan kimia (insektisida), tapi bila sedikit masih tergolong aman. Ini siklus tahunan perkembangbiakannya, seperti yang sudah-sudah dari tahun ke tahun 7-12, populasi berkurang dengan sendirinya,” tandasnya

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More