intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

FKMD Sumsel Minta Kejati Usut Dugaan Dana Desa

0 52

Intens.news,PALEMBANG – Beberapa organisasi kemahasiswaan daerah Sumatera Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Daerah (FKMD) Sumsel, meminta Kejaksaan Tinggi (Kejati) untuk mengusut tuntas dugaan penyelewengan anggaran dana desa.

Penanggung Jawab Forum Komunikasi Mahasiswa Daerah (FKMD), Faisal Supriyanto mengatakan, pihaknya selalu berkomitmen mengawasi dan mengkritisi terkuat kebijakan penyalahgunaan anggaran keuangan dana desa di Kabupaten/kota se-Sumsel.

“Kami dari FKMD dan organisasi lainnya akan mengawasi dugaan penyalahgunaan angggaran keuangan dana desa mulai dari ruang lingkup pemerintah kecil sampai pemerintah atas,” katanya saat orasi di halaman kantor Kejati Sumsel, Rabu (28/8/2019).

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, hari ini baik pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota dan pusat telah mengelontorkan dana, baik APBN maupun APBD yang sangat besar untuk membangun desa.

“Kami juga minta kepala daerah baik Gubernur, Bupati, dan pejabat daerah lainnya untuk patuh dan tunduk akan aturan yang berlaku dalam pengelolaan anggaran keuangan untuk tercapainya pembangunan daerah, khususnya desa. Selama tahun 2017 dan 2018, diduga terdapat 9 kasus penyelewengan dana desa di Sumsel. Motif yang digunakan mayoritas adalah melakukan dugaan fiktif proyek dan mark-up anggaran,” jelasnya

Menanggapi aksi tersebut, Kasi Penkum Kejati Sumsel, Khaidirman sangat berterima kasih dan menyambut baik aksi tersebut. Pasalnya masih mempercayakan kepada pihak Kejati Sumsel untuk mengusut dugaan kasus ini.

Bahkan, untuk dugaan penyelewengan dana desa yang disampaikan oleh FKMD Sumsel tersebut, pihaknya akan memprioritaskan soal penangananya, terutama soal penyidikan.

“Dana desa ini tidak hanya di Sumsel, kejaksaan sudah sering menindak lanjuti soal dana desa ini. Ayo mari kita sama-sama mengawal dana desa, terutama di Kabupaten,” tandasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More