intens.news
Mitra Informasi

Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok 

0 19

Intens.news, Palembang – Dinas Perdagangan Sumsel rencananya akan menggelar pasar murah di sejumlah daerah di Provinsi Sumsel. Hal ini dilakukan guna menstabilkan harga bahan pokok yang acap kali melonjak ketika memasuki bulan Ramadhan. 

Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Ahmad Rizali mengatakan, Pasar Murah memang sering menjadi strategi Pemprov Sumsel untuk menstabilkan harga Pangan. Rencananya untuk kota Palembang Pasar murah berlokasi di kantor kecamatan.

“Selama Ramadhan kita akan lima kali gelar pasar murah. Untuk dalam kota Palembang itu lokasinya di kantor Kecamatan sedangkan di Kabupaten Kota lain masih dalam penyusunan,” kata Rizali saat di buncangi, Rabu (7/4/2021).

Selain pasar murah, pihaknya juga akan gencar melakukan operasi pasar di sejumlah daerah di Sumsel yang fungsinya untuk memonitor secara rutin harga bahan pangan pokok. “Jika nanti ada kenaikan harga pangan kami akan lakukan operasi pasar,” terangnya.

Pemprov Sumsel akan menurunkan tim untuk terjun ke lapangan demi memantau harga dan stok pangan di pasar tradisional. “Rencananya ada dua tim yang diturunkan di Pasar KM5 dan Pasar Soak Bato. Dengan peninjauan pasar ini akan tahu ketersediaan bahan pangan di wilayah kita,” ungkapnya.

Operasi pasar ini bukan hanya melibatkan pemda, juga ikut serta didalamnya stakeholder terkait seperti Bulog, Bank Indonesia, hingga produsen pangan yang ada di wilayah Sumsel.

“Sampai saat ini harga masih relatif stabil, seandainya ada kenaikan pun masih dalam angka wajar. Kita juga bersinergis dengan Bulog dan distributor pangan untuk menyediakan stok selama enam bulan kedepan, sehingga jika terjadi kelangkaan bahan pangan pokok, kita akan segera lakukan operasi pasar,” jelasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perternakan, Ruzuan Effendi, pihaknya sudah menggelar pasar murah di Kampung Kapitan, kawasan pemukiman penduduk guna memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa stok pangan tersedia dengan harga yang lebih murah dari pasar.

“Kita melakukan pasar murah untuk penduduk yang berada di pelosok atau pinggiran kota, jadi mereka bisa mendapatkan harga lebih murah dari harga pasar. Bukan hanya beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu, kami juga menyediakan cabe, bawang merah, bawang putih, telur ayam dan daging sapi beku,” tambahnya.

Berikut Harga pangan pokok yang dijual di Gelar Pangan Murah ;

Beras TTIC 8.500/kg

Beras Premium dari Bulog 10.500/kg

Bawang Putih 23.000/kg

Daging Sapi Beku 90.000/kg

Daging Kerbau Beku 80.000/kg

Telur ayam 21.000/kg

Minyak Fortune 13.000/liter

Gula Pasir PSM 12.500/kg

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More