intens.news
Mitra Informasi

Gelar Seminar Nasional, UIN RF Soroti Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi

0 34

Intens. news, PALEMBANG – Melalui Zoom Meeting, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Fatah Palembang menggelar Seminar Nasional dengan tema “Memperkuat Spiritualitas Anggota Keluarga Menuju Resilensi Keluarga Saat Pandemi Covid 19”.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Nyayu Khodijah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dalam berlanjut dengan KPPA dan mengapresiasi tema yang diusung.

“Covid-19 menjadi masalah besar yang berdampak pada semua lini diantaranya ekonomi dan pendidikan bahkan kehidupan keluarga, ” ujarnya.

Menurutnya, kondisi seperti ini dibutuhkan ketahanan kita dan keluarga, spiritualitas dalam ketahanan keluarga menjadi senjata.

Dia menyebutkan, menurut Smith pada 1994 ada empat aspek spiritualitas yaitu merasa yakin hidup bermakna, memiliki komitmen terhadap aktualitsasi positif dalam diri, menyadari keterkaitan kehidupan.

Senada dikatakan Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang Prof Paisol Burlian, menyampaikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Dia mengharapkan ke depannya acara ini berkesinambungan.

“Tema yang diusung sangat tepat sesuai dengan kondisi saat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Deputi bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA Indra Gunawan mengatakan,  kondisi terakhir belum pasti berakhirnya Covid-19 oleh karena upaya pencegahan yang dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sambil menunggu vaksin.

“Di masa ini, banyak kegiatan yang kita lakukan di rumah dan anak-anak kita masih belajar dari rumah oleh karena itu peran keluarga sangat penting, ” tegasnya.

Menurutnya, Resiliensi/ketahanan keluarga menjadi hal utama dalam menghadapi Covid-19 ini dan turut mempengaruhinya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More