intens.news
Mitra Informasi

Geruduk Kantor Bupati Empat Lawang, Warga Minta Pemkab Selesaikan Permasalah Sengketa Tanah

0 524

Intens.news, EMPAT LAWANG – Sejumlah massa gruduk kantor Bupati Empat Lawang, mereka melakukan aksi damai (Demo) di depan Pemkab Empat Lawang, Selasa (11/8/2020).

Massa yang berasal dari Desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi ini menuntut untuk bertemu langsung dengan Bupati atau Wakil Bupati, karena permasalahan sengketa tanah (lahan) milik warga dengan Pt Sawit Mas Sejahtera (SMS) yang belum menemukan titik terang.

Salah satu koordinator demo, Romli Pribadi, mengatakan, sengketa tanah tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1990 sampai sekarang, dan terkesan dibiarkan saja oleh pemerintah tanpa ada kejelasan yang pasti baik dari perusahaan ataupun dari pemkab sebagai penengah masalah sengketa tanah.

“Pemkab tidak becus dalam menyelesaikan permasalahan ini, karena sudah 30 tahun belum ada penyelesaian, ” kata Romli.

Dikatakannya, untuk jumlah lahan yang saat ini sengketa sekitar 750 hektar tanah, dengan jumlah masyarakat yang memiliki sebanyak 236 Kartu Keluarga (KK).

“Itu tanah ulayat (tanah adat) sebanyak 750 hektar dan sudah masuk kedalam peta Kabupaten Empat Lawang, oleh karena itu kami minta agar Bupati atau Wabup untuk membantu masyarakat menyelesaikan sengketa dengan Pt SMS ini, “ungkapnya

Pihaknya, lanjutnya, siap apabila persoalan itu di bawa ke meja pengadilan karena masyarakat yakin itu hak mereka.

“Kami siap ke pengadilan tapi untuk melapor itu butuh biaya, masyarakat ini makan saja susah, jadi kami minta pakai dana APBD Pemkab Empat Lawang,” jelasnya.

Sementara, Assisten I Setda Empat Lawang Indra Supawi yang mewakili Bupati mengatakan, Bupati dan Wakil Bupati belum bisa menemui pihak massa secara langsung karena sedang Dinas Luar (DL), sehingga pemerintah memberikan surat perjanjian penjadwalan ulang bertemu dengan Bupati.

“Bupati dan Wakil Bupati sedang DL,jadi kami minta di jadwalkan ulang yaitu hari kamis pukul 14: 00 Wib di ruang Bupati dengan perwakilan Massa Sebanyak 3 orang,” singkatnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More