intens.news
Mitra Informasi

Gubernur Sumsel Minta KPU Cantumkan Jam Kehadiran Pemilih di Formulir C6

0 29

Intens.news, PALEMBANG – Sumatera Selatan dua pekan lagi atau 9 Desember 2020 nanti akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tujuh Kabupaten se-Sumsel.

Gubernur Sumsel, Herman Deru meminta dan menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, untuk mencantumkan jam kehadiran pemilih di Formulir C6.

Deru mengatakan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar dalam waktu dekat diminta untuk tetap menjalankan atau menerapkan protokol kesehatan (Prokes) salah satunya seperti jaga jarak atau Physical Distancing.

“Pada pelaksanaan pilkada serentak nanti tetap menerapkan prokes yaitu dengan memakai masker dan juga jaga jarak,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Untuk menjaga jarak tersebut, pihaknya menyarankan kepada KPU Sumsel untuk mencantumkan jam kedatangan atau kehadiran pada Formulir C6. “Ya, undangan berupa formulir C6 mencantumkan pembagian waktu ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar para pemilih datang sesuai dengan jam yang dicantumkan sehingga tidak menjadi kerumunan,” harap Deru.

Deru menjelaskan, meskipun dicantumkan jam kehadiran untuk para pemilih, namun juga harus diberikan fleksibilitas waktu kedatangan untuk para pemilih tersebut.

“Jika ada pemilih yang datang duluan atau datang terlambat karena ada keperluan yang mendesak pada waktu yang bersamaan masih tetap diterima asalkan waktu pencoblosan belum ditutup. Yang jelas masih tetap jaga jarak atau physical distancing,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, selain meminta agar memakai masker dan jaga jarak pihaknya juga menyediakan berbagai fasilitas kesehatan seperti penyediaan alat cuci tangan dan pengukur suhu.

“Hal ini kita lakukan agar pilkada serentak dapat berjalan dengan optimal di masa pandemi ini. Dan jika ada logistik yang belum, terkait dengan cegah COVID-19 cepat berkoordinasi misal thermo gun dan lainnya,” ungkap Deru.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More