intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Guru dan Siswa MTs Negeri 1 Membaur, Meriahkan HUT RI ke-74

0 16

Intens.news, PALEMBANG – Mengisi kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, MTs Negeri 1 Palembang turut menggelar sejumlah perlombaan.

Seperti lomba bakiak, rangking 1, menghias tong sampah, memindahkan belut dan masih banyak lagi. Bukan hanya siswa yang terlibat dalam lomba ini, para guru pun turut memeriahkan.

Tenaga pengajar di MTs Negeri 1 Palembang nampak terlibat dalam perlombaan bakiak. permainan tradisional yang berlangsung di halaman madrasah pada hari pertama perlombaan, Selasa (13/8/2019).

“Ini adalah perlombaan hiburan dan kami berharap seluruh peserta bergembira. Selamat mengikuti dan semoga sukses. Terima kasih kepada seluruh panitia terutama OSIM yang telah mempersiapkan kegiatan ini,” kata kepala madrasah, Tugino.

Tugino mengatakan, siswa harus bersyukur karena bisa menikmati masa kemerdekaan yang telah berhasil diperjuangkan para pejuang terdahulu.

Meski begitu katanya di usia ke-74 kemerdekaan, tentu Indonesia masih memiliki kekurangan dan terus berbenah. Untuk itu kepada siswanya harus mempersiapkan diri mengisi kekurangan yang ada.

Humas MTs Negeri 1 Palembang Ratno Hadim mengatakan, perlombaan dilaksanakan setiap peringatan HUT RI. Selain untuk siswa, ada beberapa lomba diperuntukan bagi guru atau pegawai.

“Kegiatan ini agar semua merasakan momen hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut didukung oleh beberapa sponsor. Seperti dari Bimbel Primagama, Palcomtech dan penerbit Erlangga. Sementara itu, Helmi selaku ketua kegiatan mengatakan, kegiatan yang digelar ini selain di lokal Pahlawan juga berlangsung di lokal Jakabaring.

Kegiatan berlangsung pada 13-15 Agustus 2019. Selain digelar lomba untuk siswa juga digelar lomba untuk guru. “Untuk guru ada lomba bakiak dan makan kerupuk selebihnya untuk siswa,” katanya.

Dikatakannya, lomba bakiak pesertanya bapak-bapak dan ibu-ibu. Kelompok pertama rombongan ibu-ibu. Permainan dimenangkan oleh bagian dari tata usaha. Kemudian dilanjutkan rombongan bapak-bapak.

Bakiak adalah salah satu permainan tradisional yang hampir terlupakan oleh generasi zaman now. Bakiak sendiri adalah jenis sendal panjang yang alasnya terbuat dari kayu ringan dengan pengikat kaki dari ban karet bekas. Dimainkan empat orang atau lebih.

“Sejenis sendal dengan ukuran panjang dan sepasang. Jadi pemainnya harus mampu menjaga keseimbangan dan kekompakan agar dapat melangkah hingga garis finish,” tuturnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More