intens.news
Mitra Informasi

Guru Paud dan TK Dituntut Punya Strategi Agar PJJ Menyenangkan

0 72

Intens.news, PALEMBANG – Anak usia dini merupakan kelompokyang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Mereka memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. 

50 persen kecerdasan anak terbentuk dalam kurun waktu 4 tahun pertama. Setelah anak berusia 8 tahun perkembangan otaknya mencapai 80 persen dan pada usia 18 tahun mencapai 100 persen.

Plt Kabid Paud/TK Surmana mengatakan, anak usia dini yang berada pada rentang usia 0-6 tahun yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, sehingga diperlukan stimulasi yang tepat agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

“Pemberian stimulasi tersebut harus diberikan melalui lingkungan keluarga, Paud jalur non formal seperti tempat penitipan anak (TPA) atau kelompok bermain (KB) dan PAUD jalur formal seperti TK dan RA,” terangnya.

Menurt Surmana, model pembelajaran anak usia dini dimasa pandemi covid-19 menerapkan sistem Daring (Dalam Jaringan) misalnya melalui zoom atau menggunakan WA Luring (luar jaringan) seperti antar jemput lembar kerja anak. Home visit (kunjungan ke rumah dalam proses pembelajaran) Shif atau bergantian dengan tatap muka (khusus bagi zona hijau).

Oleh karena itu, guru harus memiliki inovasi agar Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini bersifat menyenangkan dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ)

“Guru harus mampu menyusun strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di masa pandemik saat ini,” tegasnya.

Dia menjelaskan, strategi yang dilakukan oleh guru dalam menarik minat belajar anak secara menyenangkan dalam menyampaikan pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah agar dapat dipahami oleh anak usia dini dalam menerima informasi yang disampaikan oleh guru.

“Mengajarkan atau menyampaikan pembelajaran itu agar dapat diterima dan diingat oleh anak bisa dengan bernyanyi atau bercerita,” tuturnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More