intens.news
Mitra Informasi

Hari Pangan Sedunia, Gubernur Sumsel Serahkan Sertifikat

0 22

Intens.news, BANYUASIN – Dalam rangka memperingati hari keamanan pangan sedunia ke-3, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) resmi menyerahkan sertifikat SNI Sapi Pejantan Bull dan Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) serta menyerahkan sertifikat Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan kepada kelompok tani dan kelompok usaha.

Penyerahan sertifikat dilaksanakan di UPTD Balai Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak (BPHPT) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Jalan Raya Palembang-Sekayu Km. 29, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Selasa (6/7/2021).

Sertifikat SNI Sapi Pejantan Bull dan Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) diserahkan HD kepada Kepala BPTU UPT Sembawa, Bagong Kusminandar, S.Pt.

Kemudian, Sertifikat jaminan mutu dan keamanan pangan, diserahkan kepada Kelompok Tani Air Lawuh Komoditi Jeruk Garga, Desa Gunung Agung Paoh, Kota Pagaralam, Kelompok Tani Bina Usaha Komoditi Beras, Desa Tanjung, Kabupaten Ogan Komering Ulu, PT. Belitang Panen Raya Komoditi Besar, Desa Tebing Sari Muya, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Unit Usaha CV. Amirsyah Jaya Abadi, Tuan Kentang Jakabaring Palembang, dan Unit usaha CV. Fresh Corner, 20 Ilir Palembang.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan bicara ketahanan pangan mulai dari hulu ke hilir mulai dari lahan, pembibitan, pengolahannya dilanjutkan distribusi kemudian pemasarannya yang menjadi tugas pemerintah.

Sementara itu, terkait keamanan pangan sangat tidak pantas jika ada di Sumsel masyarakat yang busung lapar atau stunting karena Sumsel merupakan daerah yang subur, tinggal lagi bagaimana kita memanfaatkannya.

“Naif kalau kita kalah dengan provinsi lain di Indonesia, tidak pantas, kita ini akan berdosa jika tidak berbuat. Di hari keamanan pangan ini mari kita mengedukasi masyarakat agar mengerti keamanan pangan untuk kesehatan agar mereka tangguh menghadapi gejolak dengan ketahanan dan keamanan pangan masyarakat,” tegas HD.

Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Kabupaten Banyuasin dan menyerahkan beragam sertifikat dalam rangka hari keamanan pangan sedunia ke-3.

Menurutnya, pangan yang sehat dan aman dikonsumsi adalah hal yang penting bagi mayarakat, sehingga Pemkab banyuasin menggulirkan berbagai program dan gerakan yang dilakukan diantaranya gerakan tanaman sayur dimana seluruh masyarakat diajak memanfaatkan halaman rumah dan halaman kosong agar ditanam tanaman sayur.

“Kemudian, program tanam tanaman buah-buahan disetiap kecamatan yang memiliki ciri khas tanaman buat seperti tanaman buah nanas banyuasin yang sudah terkenal segar dan manis, serta berbagai program lainnya,” ungkap Askolani.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Ir. Ruzuan Effendi mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan kepedulian masyarakat terhadap kemanan pangannya, serta

“Saat ini sudah ada 773 sertifikat jaminan mutu dan keamanan pangan yang diserahkan di Provinsi Sumsel, termasuk keamanan pangan komoditi beras yang dijual di mini market yang ada diwilayah Sumsel,” terangnya.

Usai penyerahan sertifikat, Gubernur Sumsel H. Herman Deru melakukan peninjauan ternak di UPTD Balai Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak (BPHPT) Sembawa diataranya peninjauan ke kandang ternak sapi dan ayam.(Ril)

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More