intens.news
Mitra Informasi

Hasil Respon Rate, Penduduk Sumsel Tertinggi Kedua di Indonesia

0 11

Intens.news, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020 menuju satu data kependudukan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan BPS RI.

Asisten Ill Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Edward Juliartha, mengatakan, sensus penduduk 2020 ini adalah sensus penduduk pertama yang memanfaatkan data administrasi kependudukan (Adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasarnya.

“Dengan tujuannya tentu saja, menuju satu data kependudukan,” kata Edward, Jumat (22/1/2021).

Lanjut Edward, hasil respon rate penduduk Provinsi Sumsel dalam Sensus Penduduk Online mencapai 33,96 persen dari total penduduk Provinsi Sumsel atau tertinggi kedua di seluruh Indonesia.

“Melalui kerja keras dari aparat BPS Provinsi Sumatera Selatan dan BPS Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan, Pendataan lapangan Sensus Penduduk 2020 di bulan September 2020 berjalan sukses waIaupun di tengah Pandemi COVlD-19,” ungkapnya

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, jika pada sensus penduduk tahun 2020 mencatat penduduk Sumsel pada bulan September 2020 sebanyak 8,5 juta jiwa.

Kata Endang, sejak Indonesia menyelenggarakan Sensus Penduduk yang pertama pada tahun 1961, jumlah penduduk terus mengalami peningkatan.

“Hasil SP2020 dibandingkan dengan SP2010 memperlihatkan penambahan jumlah penduduk sebanyak 1,02 juta jiwa atau rata-rata sebanyak 98,7 ribu setiap tahun,” katanya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More