intens.news
Mitra Informasi

Herman Deru: ASN Punya Hak Pilih di Pilkada, Tapi tidak Boleh Kampanye!

0 11

Intens.news, PALEMBANG – Tujuh Kabupaten di Sumatera Selatan pada tahun ini akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak. Yakni, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara. 

Dari 7 kabupaten tersebut, ada enam daerah yang kepala daerahnya saat ini menjadi maju di Pilkada serentak. Diantaranya, OKU, OKUS, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Pali dan Ogan Ilir. Hal ini akan sangat berpotensi adanya peran ASN (aparatur sipil negara) nakal yang ikut campur tangan dalam kampanye di pilkada tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru meminta kepada seluruh ASN yang ada di 6 daerah tersebut untuk tidak bermain politik dengan melakukan kampanye terhadap salah satu pasangan calon kepala daerah. “ASN itu netral. Punya hak pilih tapi tidak punya hak kampanye,” jelas Herman Deru, Rabu (9/9/2020).

Ia meminta agar tidak ada pelanggaran kampanye dengan adanya peran serta dari setiap ASN. Jika ada, kata Herman Deru, maka tentu akan ada sanksi menanti.

“Saya tegaskan lagi, ASN jangan ikut campur dalam urusan kampanye. Ada kode etiknya. Jika ada yang langgar, pasti ada sanksi. ASN bukan timses, dilarang ikut kampanye pilkada,” tegasnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More