intens.news
Mitra Informasi

Herman Deru : Buatlah Produk Yang Bermanfaat Agar Bisa Diproduksi Massal

0 46

Intens.news, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK Tahun 2021 bertempat di halaman DPRD Provinsi Sumsel,  Rabu (17/11/2021).

Herman Deru mengatakan,  pihaknya mengapresiasi Pameran keeativitas dan inovasi siswa SMK se-Sumsel.

“Sekarang era IT. Semua bisa mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan IT.  Kita jangan ketinggalan informasi,  bersainglah dalam membuat inovasi,” ujarnya.

“Saran saya berinovasi yang hasilnya dapat dimanfaatkan bukan hanya di pamerkan. Bahkan tidak mungkin, kalau produk inovasinya bermanfaat bisa diproduksi masal. Pemprov dan BUMD bisa memproduksi  secara massal jika produk yang dibuat dibutuhkan masyarakat,” tambah Herman Deru.

Dia menuturkan, contoh karya siswa SMK seperti booster sinyal,  itu sangat membantu daerah yang lemah sinyal. Dibidang perhotelan,  di Palembang banyak hotel bintang 5. Ini banyak potensi lulusan SMK yang bisa bekerja di hotel bintang 5.

“Saya ingin satu SMK ada satu inovasi. Ini menuju SMK vokasi,  vokasi itu legal formalnya tapi produknya yang kita butuhkan,” paparnya.

“Saya mintak kadisdik samakan SMK negeri dan swasta. Berikan peluang juga kepada SMK swasta. Inovasi itu misalnya membuat yang mahal menjadi murah,  yang tidak ada menjadi ada. Itulah inovasi. Sumsel kaya akan SDA pertanian,  perkebunan,  gas,  minyak.  Buatlah produk yang bisa bermanfaat yang bisa digunakan masyarakat banyak,” tandasnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H Riza Fahlevi mengatakan, Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK Tahun 2021. Ada lomba inovasi siswa SMK se-Sumsel. “Ada 150 inovasi diantaranya Inovasi alsintan,  alat pembersih air alat produk makanan, teksil, kriya, teknologi, dan produk lainnya,” bebernya.

“Kegiatan ini diikuti 65 stand dengan 520 produk SMK negeri dan swasta se- Sumsel. Inovasi yang dilakukan wujud nyata motivasi pak Gubernur. Bapak Gubernur telah memberikan semangat agar siswa SMK berinovasi,” paparnya.

“Untuk bapak Gubernur ketahui, kita Provinsi Sumsel meraih peringkat 8 besar di LKS tingkat nasional. Ini merupakan suatu prestasi siswa SMK kita yang bisa meraih medali di berbagai perlombaan,” ucapnya.

“Kami memilih pameren ini,  bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bapak Gubernur, ini sebagai ucapan terima kasih kami atas semua dukungan Bapak Gubernur atas motivasi, dan dukungan Bapak Gubernur terhadap kemajuan dunia pendidikan di Sumsel,” paparnya.

Kepala Bidang SMK Disdik Sumsel, Mondyaboni menambahkan,  kegiatan Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK Tahun 2021 ini diikuti siswa se-Sumsel ada 150 inovasi yang dilombakan pada 15-16 November. Pada tanggal 17-18 November ini pamerannya.

“Seluruh SMK negeri dan swasta di Sumsel ikut. Kreativitas yang banyak berkreasi diantaranya pembuatan produk alsintan,  dari mulai membajak,  memanen,  pompa air terkait alsintan. Ada alat pembersih air,  ada bidang lomba teknologi, sangat banyak inovasi yang dibuat siswa dan siswi SMK di Sumsel,” katanya.

“Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini, siswa SMK semakin terpacu dalam berinovasi dan menciptakan produk. Karena sekarang sudah ada wadahnya dan dilombakan,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More