intens.news
Mitra Informasi

Hikmah Nuzulul Quran

0 15

Di bulan Ramadan adalah salah satu memontum berharga yakni malam Nuzulul Quran, yakni malam turunnya Alquran ke muka bumi.

Dilansir dari berbagai sumber, nuzulul quran merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Nuzulul quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Pada tahun 2021/1442 Hijriah, nuzulul quran jatuh pada Kamis, 29 Mei.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam.

Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Nuzulul quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

Alquran pertama kali diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadan. Momen inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Proses turunnya berbeda dengan kitab-kitab lainnya. Menurut Manna Al-Qaththan, terdapat sejumlah mazhab mengenai proses turunnya Alquran.

Pertama, menurut Ibnu Abbas, turunnya Alquran terjadi secara sekaligus ke Baitul Izzah di langit untuk menunjukkan kepada para malaikat betapa besarnya malam ini. Setelah itu, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun.

Pendapat lain dari Al-Syabi menyebutkan bahwa awal turunnya Alquran dimulai pada malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Lalu, turun secara bertahap sesuai dengan peristiwa yang mengiringinya selama 23 tahun.

Alquran diturunkan secara bertahap sesuai dengan peristiwa di masa Nabi Muhammad untuk memantapkan dan memperteguh dakwah Rasulullah.

Itulah arti nuzulul quran dan proses turunnya alquran. Nuzulul quran dapat diperingati dengan membaca Alquran dan mengamalkan syariat Alquran.

Peristiwa nuzulul quran merupakan sebuah moment perubahan besar yang terjadi dalam peradaban Umat Muslim yang sudah sepatutnya kita teladani.

Adapun sejumlah hikmah terkait peristiwa nuzulul quran diantaranya yakni :

  1. Meneladani Peristiwa Turunnya Al-Quran

Hikmah pertama dari Nuzulul Quran adalah sebagai seorang hamba yang taat kita harus bisa untuk mengambil hikmah positif dari peristiwa ini, peristiwa Nuzulul Quran adalah sebuah momentum perubahan bagi Umat Muslim. Yang sebelumnya kita hidup tanpa aturan dengan adanya AL-Quran setiap aspek dalam kehidupan kita menjadi lebih bermakna.

Oleh karena itu salah satu amalan yang wajib dilakukan oleh Umat Islam adalah membaca Al-Quran, karena di dalamnya dijelaskan secara jelas bagaimana kita seharunsya dalam menjalani kehidupan

  1. Semakin Dekat dengan Al-Quran

Seperti yang kita ketahui bahwa Al-Quran adalah pedoman hidup, saat terjadinya Nuzulul Quran malakat Jibril mengajarkan kepada Nabi Muhammad untuk membaca seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Alaq ayat 1.

Kata membaca tentunya tidak hanya sebatas mengerti apa yang coba disampaikan oleh malaikat Jibril, tetapi juga untuk mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Selain itu membaca juga merupakan jendela pengetahuan, jika kita ingin mempelajari sesuatu maka kita harus membaca.

Hal sekecil itupun sudah dijelaskan dalam Al-Quran, maka dari itu kita sebagai Umat Islam diharuskan untuk meneledani segala Ucapan Allah yang ia turunkan lewat Al-Quran

  1. Mengerti Isi Al-Quran

Hikmah keempat adalah kita dengan adanya peristiwa Nuzulul Quran kita bisa lebih dekat untuk mengerti lebih dalam tentang segala hal yang terkandung dalam Al-Quran. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Isra ayat 82 yang artinya “Dan kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidak lah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Dari hal tersebut kita mengambil kesimpulan bahwa segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita solusinya ada pada Al-Quran, kita dapat menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai rujukan kita dalam segala aktivitas setiap harinya. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah diri kita mau atau tidak untuk belajar dari Al-Quran.

Demikian hikmah yang bisa kita ambil atas peristiwa terjadinya Nuzulul Quran. Semoga kita semua dapat lebih dekat dengan Alquran, tidak hanya selalu membacanya namun juga mengamalkan isi kandungan yang ada dalam Alquran tersebut. Walahua’lam (**)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More