intens.news
Mitra Informasi

Hindari Penularan Covid-19, UBD Laksanakan Yudisium Online

0 28

Intens.news, PALEMBANG – Untuk memutuskan mata rantai penularan covid-19 yang kini masih mewabah di Indonesia, membuat sejumlah Universitas di Indonesia melakukan wisuda secara online sebagai opsi seremonial. Namun tak sedikit kampus yang tidak menerapkannya karena dianggap kurang khidmat. Salah satunya, Universitas Bina Darma (UBD) Palembang.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademi Riset Teknologi dan Kemahasiswaan Alumni UBD Palembang, Muhammad Izman Herdiansyah, mengatakan, untuk melaksanakan wisuda online membutuhkan banyak pertimbangan baik dari sisi mahasiswa maupun akademisi.

“Adanya masukkan dari mahasiswa yang kurang menyetujui, kemudian beberapa program studi dari fakultas juga tidak menginginkannya. Jadi tidak kita lakukan dan menunggu arahan pusat selanjutnya,” katanya.

Izman menerangkan, kendati belum melaksanakan wisuda, para mahasiswa yang telah mendapatkan gelar dipersilakan untuk mengambil ijazah terlebih dahulu sesudah melakukan yudisium secara virtual.

“Yudisium online pakai server kampus, kebetulan fasilitas kami memadai karena sejak 2014 kita sudah e-leraning yang mulai uji coba pada tahun 2010. Aktivitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sudah lama diterapkan,” terang dia.

Sebanyak 520 calon wisudawan UBD Palembang, sambung Izman, semestinya sudah pakai toga pada April lalu. Namun efek pandemik COVID-19, kemungkinan bulan Oktober baru akan dilakukan wisuda serentak. Karena dalam setahun kampus melaksanakan dua kali gelaran seremonial.

“Bagi yang mau wisuda Oktober silakan, yang tidak juga diperbolehkan. Karena mayoritas mahasiswa lebih dari 50 persen asal daerah dan kebanyakan sudah bekerja ke luar kota. Paling penting hak mereka urusan trasnkip dan lain-lain sudah selesai,” sambungnya.

Mengenai Uang Kuliah tunggal(UKT), UBD pun memberikan Keringanan dengan cara mencicil setiap bulan. Sehingga mahasiswa tidak merasa kesulitan.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More