intens.news
Mitra Informasi

Ilyas Panji Alam Didiskualifikasi dari Pilkada Ogan Ilir

0 3.454

Intens.news, PALEMBANG – Pasangan calon Bupati Petahana Ilyas Panji Alam dan wakilnya Endang PU Ishak didiskualifikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir (OI). Hal ini dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Kelly Mariana, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Kelly, untuk menindaklanjuti hal itu sampai saat ini KPU Sumsel menyerahkan semuanya kepada KPU OI. Pasalnya kewenangan untuk mengkajinya pelanggaran tersebut merupakan kewenangan dari KPU OI.

“Ya, memang benar adanya rekomendasi dari Bawaslu OI. Karena kita terima konsultasi dari KPU OI. Intinya biarlah nanti KPU OI yang memutuskan. Tapi sebelum diputuskan dikasih waktu 7 hari setelah menerima rekomendasi,” ungkap Kelly.

Kelly mengatakan, pelanggaran yang diduga telah dilakukan oleh paslon yang diusung dari PDIP, Golkar, Hanura dan PBB tersebut, berawal dari laporan masyarakat terkait rotasi pejabat, sebab dinilai menguntungkan Cabub Petahana Ilyas Panji Alam.

“Kalau sesuai undang- undang dan memang terbukti dengan bukti- bukti yang ada pelanggaran dibuat, bisa saja paslon akan digugurkan pencalonannya sebagai kepala daerah,” katanya.

Kelly menjelaskan, bahwa rekomendasi dari Bawaslu itu memang harus ditindaklanjuti, seperti menindaklanjuti saat Pileg 2019 tapi tidak melaksanakan rekomendasi sesuai permintaan Bawaslu. Meski begitu KPU tetap menindaklanjuti dengan berkonsultasi ke KPU RI, dan dengan cara lain.

“Jika seandainya, kalau KPU OI tidak mau melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu itu harus mencari alasan yang tepat. Ternyata juga Bawaslu OI ini sudah mengklarifikasi terlapor dan yang dilapor, sudah sampai 30 orang termasuk calon, dan mereka kekeh kalau ada pelanggaran,” jelasnya.

Namun, Kelly menjelaskan, bahwa KPU OI sedang mengkaji, menggali, dan memeriksa dengan hati- hati atau menindaklanjuti atau tidak menindaklanjuti.

“Itu kewenangan KPU OI, kami hanya memberikan saran dan masukan tentang regulasi perundang- undangan yang ada,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More