intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita
KIRI
KANAN

Ini Alasan PEP Dibangun di Sumsel

0 14

Intens.news,PALEMBANG – Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian ESDM, IGN Wiratmaja menyebut, pengembangan SDM di sektor energi dan sumber daya mineral dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi mulai tahun 2019. Pembangunan diprioritaskan di bidang pendidikan terutama di sekolah vokasional.

Menurut IGN Wiratmaja, Sumsel memiliki pemimpin yang luar biasa, juga karena Sumsel banyak memiliki sumber daya mineral. Selain itu pendidikan ESDM juga penting, sebab saat ini jika dilihat dari satelit pada malam hari, yang terang hanya pulau Jawa dan Palembang. Untuk itulah pihaknya memilih Sumsel untuk dibangun Politeknik energi dan pertambangan (PEP) di Sumsel? Karena

“Untuk itu, kita ingin agar wilayah lainnya juga terang, nah ini membutuhkan SDM di bidang ESDM untuk melaksanakannya,” katanya, Selasa (10/9/2019).

IGN Wiratmaja mengatakan, kontribusi ESDM dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tahun 2018 cukup besar menyumbang sebesar 53,4%. Pembangunan PEP juga dimaksudkan untuk menjaga investasi sektor ESDM  di tengah tantangan global sekaligus memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengecap pendidikan di sektor migas.

“Kami berharap dengan dibangunnya PEP putra-putri Sumsel dapat mengambil alih pimpinan di sektor ESDM. Tenaga kerja yang ada saat ini di sektor migas ada 356 ribu orang. Setiap tahunnya dibutuhkan 30 ribu tenaga kerja. Total tenaga kerja subsektor minerba ada 350 ribu orang,” jelasnya.

Selain itu IGN Wiratmaja berharap, kesempatan ini harus dimanfaatkan dan diraih generasi muda sebaik mungkin. Sebab PEP Prabumulih adalah salah satu yang akan dibangun di seluruh Indonesia karena pada zaman dahulu Prabumulih tempat awal ditemukannya minyak, setelah PEP Cepu yang berdiri sejak 66 tahun lalu.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More