intens.news
Mitra Informasi

Ini Dampak Bagi Tubuh Jika Anda Kurang Beristirahat

0 27

Intens.news, PALEMBANG- Ingin tubuh sehat dan bebas lemak tidak hanya cukup dengan rajin berolahraga dan mengontrol pola makan saja, tapi juga diperlukan istirahat yang cukup.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas kesehatan Kota Pelembang, Dedi Sandra, mengatakan, kurang tidur dan kurang beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak yang berujung risiko obesitas bertambah.

“Kurang tidur bisa menyebabkan risiko penimbunan lemak, berat badan meningkat, risiko obesitas bertambah. Lemak tidak hilang-hilang bisa jadi karena kurang istirahat,” jelasnya, Sabtu (19/9/2020).

Dedi mengatakan, kurang istirahat bukan cuma membuat lemak menumpuk tapi juga menyebabkan Menurunnya kekuatan otot dan kadar hormon yang penting untuk pembentukan otot.

“Itulah sebabnya seseorang yang sudah rutin berolahraga, makan sehat rendah lemak dan gula, tapi pertumbuhan ototnya tidak berkembang karena kurang tidur,” katanya.

Namun, masalah lainnya juga muncul karena tubuh tak cukup istirahat dengan munculnya gejala depresi meningkat, gangguan suasana hati dan kognitif.

Ia menyarankan agar tidur selama 7-9 jam per malam untuk mengoptimalkan detoksifikasi tubuh, serta pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang rusak. “Dengan cara itulah membuat tubuh terasa pres dan sehat,” imbuhnya.

Dedi berharap agar tidak langsung tidur setelah berolahraga karena tubuh akan kaget dengan kondisi itu sehingga tidak baik bagi kualitas tidur dan akan terganggu.

“Beri jeda waktu tidur dan olahraga minimal sejam untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik,” tutupnya

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More