intens.news
Mitra Informasi

Ini Saran Dokter Sepesialis Jantung Bagi Anda yang Hobi Bersepeda

0 18

Intens.news, PALEMBANG – Sebelum melakukan gowes atau bersepeda sebaiknya perhatikan kesehatan, terutama kondisi jantung lebih dahulu

Dokter Spesialis Jantung, Dian Zamroni, mengatakan, agar setiap kegiatan olaraga, terutama pada pamula, dilakukan secara bertahap guna menekan resiko serangan pada jantung.

“Karena belakangan ini saat pandemi COVID-19 sedang melanda, tren berolahraga baik di rumah maupun gowes atau bersepeda,” jelasnya, Senin (14/9/2020).

Namun, khususnya pada kegiatan bersepeda, terdapat beberapa insiden serangan jantung yang membuat pesepeda meninggal dunia.

“Akan lebih aman kalau intensitas bersepeda bertahap dan peningkatannya pelan-pelan, untuk melatih tubuh terlebih dahulu, Yang dianjurkan adalah olahraga minimal 30 menit selama seminggu 3 kali. Kalau itu sudah cukup maka bisa dinaikkan durasinya,” sarannya.

Dian mengakui, bersepeda atau olahraga jenis lainnya memang dianjurkan untuk mempertebal kesehatan jantung. “Karena bagi kalangan yang mempunyai faktor risiko serangan jantung, misalnya penderita obesitas, hipertensi, atau mereka yang lanjut usia,” katanya.

Akan tetapi, tentu saja olahraga yang membutuhkan kinerja jantung di atas rata-rata dapat langsung digenjot, apalagi untuk kalangan yang memiliki faktor risiko serangan jantung.

“Ada orang yang lagi marak-maraknya karena baru pertama kali, kemudian memaksa sehingga kapasitas fungsi jantungnya seperti digeber. Jadi saya sarankan jangan langsung di genjot karena berbahaya untuk kondisi jantung,” katanya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More