intens.news
Mitra Informasi

Jalan Desa Kecamatan Pulau Rimau Banyuasin Masih Banyak Rusak

0 23

Intens.news, BANYUASIN – Masyarakat desa yang berada di Kecamatan Pulau Rimau kini belum sepenuhnya menikmati infrastruktur jalan yang bagus. Jalan dibeberapa desa kecamatan tersebut masih banyak yang berupa tanah dan berlumpur.

Pantauan di lokasi, meski saat ini jalan poros di kecamatan tersebut sudah sebagian dibangun, namun hanya beberapa desa saja yang menikmati jalan poros tersebut seperti Desa Teluk Betung, sedangkan desa-desa lainnya seperti Desa Sumber Mulyo, Wana Mukti, dan lainnya masih berupa tanah perlu perhatian.

Kepala Desa Sumber Mulyo Kecamatan Pulau Rimau, Hadi Mulyo, mengakui jalan di desanya memang sering rusak. Saat ini mereka membangun jalan tersebut secara swadaya bersama masyarakat. “Perbaikan terus kita lakukan secara swadaya baik itu dari pengusaha sawit dan kelompok tani,” ujarnya.

Namun karena perbaikan hanya swadaya dan tidak permanen, maka dengan cepat jalan tersebut kembali rusak. Padahal jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya akses warga dibeberapa desa untuk beraktivitas.

“Jika curah hujan tinggi akhirnya jalan rusak lagi, bahkan kami juga sudah pinjam pakai grader PU dua bulan yang lalu untuk memperbaiki jalan tersebut,” jelasnya.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Pulau Rimau, Karyono, meminta Pemerintah Kabupaten Banyuasin memperhatikan jalan desa tersebut. Dirinya juga meminta beberapa anggota dewan yang tinggal di daerah tersebut turut mendorong pembagunan infrastruktur di Pulau Rimau agar segera diperbaiki.

“Kebetulan di desa tersebut, ada anggota dewan dan sudah berumur 3 periode, mudah-mudahan beliau bisa memperjuangkan jalan tersebut,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Banyuasin, Ardi Arpani, mengatakan, memang ada direncanakan kelanjutan perbaikan jalan di Kecamatan Pulau Rimau.

“Memang sedang direncanakan perbaikan, kemarin perbaikannya hanya sampai pada Jembatan Tanah Kering Kecamatan Pulau Rimau, nanti akan dilanjutkan sampai Kecamatan Selat Penuguan,” katanya.

Sebagai Informasi, Bupati Banyuasin Askolani sendiri pada Selasa (29/12/2020) lalu mengatakan, saat ini sedang fokus membangun jalan poros antar Kecamatan di Kabupaten Banyuasin. “Kita sedang fokus menyelesaikan pembangunan jalan poros yang menghubungkan antar Kecamatan, tetapi hal ini (Jalan Desa atau jalan setengah poros) menjadi perhatian dan akan segera dituntaskan semua,”singkatnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin juga, di bawah pimpinan Bupati Askolani dan Slamet Sumosentono berencana melakukan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan menjalin komunikasi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Dana ini juga direncanakan untuk  membangun 11 jalan poros di Kabupaten Banyuasin dan 8 jembatan, termasuk pula di salah satunya Jalan Kecamatan Pulau Rimau.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More