intens.news
Mitra Informasi

Jalan Penghubung ke Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan Amblas

0 93

Inten.news, LAHAT – Sungguh miris sekali kondisi jalan Desa Muara Cawang penghubung ke Desa Talang Sawah, dan desa Talang Sejemput Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat terancam amblas.

Pasalnya, jalan tersebut sudah mengalami terbis nyaris separuh badan as jalan dengan kedalaman dua sampai dengan tiga meter, dikhawatirkan apabila tidak segera diperbaiki, maka dapat mengancam keselamatan para pengguna jalan terutama pengendara roda empat R4.

“Itu jalan milik desa Muara Cawang, yang merupakan satu-satunya akses penghubung desa Talang Sawah dan Talang Sejemput Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat,” ungkap Kepala Desa (Kades) Talang Sawah, Surlin, Rabu (26/05/2021).

Menurutnya, kerusakan akses jalan Desa Muara Cawang, sangatlah menganggu aktifitas masyarakat di dua desa. Karena, jalur ini merupakan satu satu akses penghubung masyarakat untuk menuju ke Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat.

“Awalnya, jalur itu hanya mengalami kerusakan lubang kecil. Lalu, dibiarkan begitu saja, lama kelamaan membesar dan ditumbur curah hujan belakangan ini, lantas membesar serta ambrol sedalam dua sampai tiga meter,” tambahnya.

Tidak sampai disitu saja, diaku Surlin, akibat tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, warga yang pengendara baik R2 dan R4 dari Desa Talang Sawah maupun Talang Sejemput mengalami kecelakaan.

“Akhir akhir ini, banyak yang mengalami kecelakaan akibat tidak mengetahui adanya jalan ambrol tersebut. Sehingga, kami harapkan pihak Pemkab Lahat dapat memprioritaskan untuk diperbaiki,” ujarnya.

Kerusakan dan ambrolnya jalan itu, sambung Surlin, sudah diusulkan melalui Forum Kades. Namun, disesalkan sampai sekarang tidak ada realisasinya. Sehingga, ditakutkan kedepan akan menelan korban jiwa.

“Kami berharap jangan sampai ada memakan korban jiwa. Dan, kerusakan jalan dan ambrolnya jalur itu dapat segera diperbaiki. Sebab, sudah sangat lama sekali warga kami sangat mendambakan akses jalan yang mulus seperti desa desa lainnya,” pungkas Surlin.

Terakhir kepala desa (Kades) Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat mengimbau kepada seluruh masyarakat baik Talang Sawah dan Talang Sejemput agar kiranya dapat lebih berhati hati lagi, ketika melintas saat malam hari dan cuaca hujan.

Sarpawi (45) warga Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan dibincangi wartawan mengaku, akibat ambrol dan rusaknya jalur Desa Muara Cawang tersebut, mobil yang dikendarainya sempat masuk kedalam. Namun, beruntung, masih bisa ditarik berkat bantuan warga dan Kades Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat.

“Benar, saya sendiri yang mengalami kecelakaan itu. Tapi, masih beruntung saya tidak apa apa. Akan tetapi, saya berharap sekali agar dapat menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat agar dapat segera diperbaiki,” kata Supawi.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More