intens.news
Mitra Informasi

Jangan Memberatkan Siswa, Guru SD Harus Mampu Berinovasi

0 20

Intensnews,PALEMBANG-Para guru sekolah dasar harus mampu berinovasi dan melakukan berbagai improvisasi saat pelaksanaan belajar-mengajar jarak jauh. Hingga para siswa sekolah dasar dapat lebih mudah memahami pelajaran, dan tidak memberikan tugas yang berat hingga siswa merasa terbebani.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang SD Dikdik Kota Palembang, Juita kepada intensnews, sabtu (20/2/2021). Menurut Juita, meski Disdik telah memberikan panduan tugas untuk guru dan orang selama masa belajar jarak jauh (PJJ). Namun hal tersebut dapat direalisasikan dengan inovasi dan kemampuan para guru berkreasi. Hingga tidak mempersulit siswa dalam pelaksanaan tugas belajar-mengajar selama masa pandemi.

“Panduannya RPP, RPP bukan harga mati, hanya contoh, guru bisa berkreasi dan menyampaikan hal tersebut kepada orang tua,” terang juita.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sering menerima berbagai keluhan orang tua terkait banyaknya tugas yang diberikan oleh para guru. Hal ini, jelas dia, tidak harus terjadi jika proses belajar-mengajar tersebut dapat berlangsung dengan tertib dan maksimal. Dan sejatinya, dalam kondisi saat ini para guru sebaiknya memberikan materi pelajaran yang lebih ringan, mudah di pahami, dan dapat dilaksanakan oleh para siswa sekolah dasar.

“Guru dapat memberikan materi pelajaran tingan. Karena berbagai kegiatan yang dirancang lebih mudah, karena berbasis aplikasi. Mungkin siswa belum terbiasa saja,” terang dia.

Sementara itu, Yeni, guru kelas V di SD Negeri nomor 143 mengatakan, selama memberikan pembelajaran jarak jauh, dia cukup banyak mengalami kesulitan. Karena tidak mudah memberi materi kepada para siswa SD lewat video.

“Ternyata belajar daring memang kurang efektif bagi siswa SD dibandingkan KBM tatap muka, para siswa dapat melihat langsung penjelasan dari guru,” pungkas dia.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More