intens.news
Mitra Informasi

Jumlah Hunian Tempat Tidur Rumah Sakit di Sumsel Aman

0 14

Intens.news, PALEMBANG – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Tercatat ada 1.129 tempat tidur untuk isolasi rumah sakit rujukan hingga rumah sakit Daerah di kabupaten/kota di Sumsel.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Sumsel, Widya Anggraini, mengatakan, jumlah hunian tempat tidur di Sumsel masih aman. Sejauh ini, dari 48 rumah sakit di Sumsel, tercatat ada 1.129 tempat tidur isolasi di seluruh rumah sakit rujukan utama hingga rumah sakit rujukan daerah.

“Dari 48 RS di Sumsel, tempat tidur yang terisi sudah 42 persen. Untuk mengantisipasi lonjakan pasien saat masa pandemi, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan meminta Pemda menyiapkan RSUD dan RS Swasta sebagai rujukan. Jadi setiap rumah sakit di Sumsel memiliki tempat isolasi,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Widya menjelaskan, seperti hunian kamar di Rumah Rakit Mohammad Husein (RSMH) Palembang, tercatat mencapai 66 persen, kemudian RSUD Lahat 25 persen, RSUD Siti Fatimah Palembang 30 persen. Sedangkan RSUD Kayuagung OKI dan RSUD Rivai Abdullah di Banyuasin, justru belum terisi sama sekali

“Ada RSUD rujukan masih 0 persen penanganan COVID-19. Rujukan utama tetap RSMH karena SDM dan peralatan lengkap untuk menangani kasus sedang dan berat,” ujar Widya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang, dr. Harun Hudari, menjelaskan, setiap rumah sakit terutama RSMH yang menangani COVID-19 tidak boleh menampung pasien lebih dari 60 persen dari kuota tempat tidur.

Langkah ini diiambil agar dokter yang menangani pasien tak kewalahan, dan menghindari layanan RS menjadi kolaps. Sejauh ini jumlah hunian pasien COVID-19 di RSMH Palembang mencapai 91 tempat tidur, dari jumlah maksimal mencapai 137 tempat.

“Jumlah okupansi tempat tidur di RSMH normalnya minimal 40 persen, atau maksimal 60 persen dari total keseluruhan tempat tidur. Ini gambaran keseluruhan mengenai perkembangan COVID-19 di Indonesia,” terang Harun.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More