intens.news
Mitra Informasi

Jurusan BDP Beri Peluang Kerja Bagi Siswa SMK

0 45

Intens.news, PALEMBANG – Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) dinilai jadi potensi tinggi kerja langsung para siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. 

Kepala SMK Negeri 3 Palembang Rusminah mengatakan, dari keseluruhan jurusan yang ada di SMK Negeri 3 Palembang, meliputi Akutansi Keungan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, serta Bisnis Daring Dan Pemasaran. Kerja praktik mata pelajaran bisnis memang lebih mudah terakomodir.

“Salah satu mata pelajaran yang hampir 100 terpenuhi (kerja nyata) tentang bisnis marketing, karena dominan pelaksanaannya daring,” ujarnya.

Menurut Rusminah kebanyakan yang magang atau kerja praktik mata pelajaran ini (bisnis daring) itu lebih ke mal dan retail. Sementara instansi tersebut tidak berdampak walaupun COVID-19, mereka (mal dan retail tetap operasional, walau ada pembatasan.

Praktik kerja lapangan bagi siswa merupakan hal wajib, ketentuan mereka sudah masuk kategori boleh kerja nyata mulai dari kelas XI atau kelas dua tingkat menengah. Namun, apabila masih ada siswa kelas XII yang belum mengerjakan praktik lapangan, maka sekolah tetap mendorong mereka menyelesaikannya.

“Ada kesempatan menyelesaikan (kelas XII yang belum kerja lapangan) karena kami mengharuskan semua menuntaskan kewajiban,” tambahnya.

Menurutnya, Praktik kerja lapangan wajib harus diikuti oleh siswa,   karena  prakerin ini langsung masuk kurikulum. “Kondisi saat ini menyulitkan mereka (siswa) untuk praktik, tapi sekolah tetap mengupayakannya agar kerja praktik,”tegasnnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More