intens.news
Mitra Informasi

Kadisdik Geram Terkait Oknum Guru Minta Uang Penerimaan Siswa Baru

0 516

Intens.news, PALEMBANG – Banyaknya keluhan orang tua siswa terkait adanya oknum guru yang meminta uang dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022, membuat Kepala Diknas Kota Palembang Ahmad Zulinto geram.

Ia pun meminta kepada orang tua siswa yang dimintai oleh oknum guru tersebut dapat memberikan bukti sehingga dapat ditindaklanjuti.

“Dalam penerimanan PPDB tingkat SMP ini ada dua sesi yakni tes lewat zonasi, afirmasi dan prestasi yang sudah kita umumkan. Lalu akan ada tes bagi yang tidak lulus lewat jalur tersebut,” jelas dia, Senin (17/5/2021).

Namun, untuk 18 sekolah ada yang tidak melaksanakan tes dan semua calon peserta didik dapat diterima langsung tanpa syarat sesuai dengan daya tampung.

“Ke 18 sekolah ini kan karena daya tampung dan pendaftar seimbang jadi kita terima semua khusus ke 18 sekolah ini. Karena itu, jika ada orang tua siswa yang diterima di 18 sekolah ini dimintai uang, harap laporkan ke kita,” ujarnya.

Karena itu, ia meminta bagi orang tua siswa yang dimintai biaya untuk laporkan dengan bukti yang kuat. “Ke 18 sekolah yang gelar tanpa tes yakni SMPN 2 , 3, 4, 5, 7, 8, 22, 26 , 32, 33, 35, 48 , 49, 50 , 55 , 56, 58 ,60 dan 61,” ujarnya.

Ia mengatakan jika ada oknum yang bermain maka tidak dibenarkan hal tersebut. “Dan kita akan tindak tegas jika terbukti dimintai uang atau biaya adminiatrasi lainnya. Tidak ada dipungut biaya, semua gratis,” jelas dia.

Jika terbukti, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada kepala sekolah atau oknum guru yang bermain. “Sanksinya bisa kita pecat kalau terbukti. Seperti tahun lalu ada satu kepala sekolah yang tertangkap tangan saya sendiri bermain seperti ini dan kita berhentikan,” tutur dia.

Dan untuk diluar 18 sekolah lainnya, juga sudah dilakukan pengumuman PPDB lewat jalur zonasi, afirmasi dan prestasi. “Dan bagi yang tidak lulus bisa mengikuti tes yang akan dimulai tanggal 19 Mei nanti,” ungkapnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More