intens.news
Mitra Informasi

Kadisdik Tegaskan, Guru Belum Linier Tak Bisa Mengajar Lagi

0 3.311

Intens.news, PALEMBANG – Dinas Pendidikan Kota Palembang akan memperketat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kota Palembang, Ahmad Zulinto, Jumat (13/3/2020).

Menurut Zulinto, Melalui peraturan tersebut, jumlah guru linier diharapkan dapat meningkat. Diakui, upaya linierisasi tenaga pendidik ini sebenarnya bukan hal baru.

“Peraturan itu dijalankan sejak 2009. Namun, hingga kini implementasinya belum berjalan penuh. Itu dibuktikan dengan masih banyaknya guru yang belum melakukan linierisasi. Padahal, dengan latar belakang pendidikan sesuai mapel yang diajarkan, guru diharapkan bisa mendidik lebih profesional,” kata Zulinto.

Zulinto memastikan, bahwa guru yang belum melakukan linierirasi maka tidak akan dapat mengajar lagi. Dan jika guru tersebut ingin melanjutkan sebagai guru, maka harus melalui proses kuliah lagi.

“Agar bisa mengajar guru yang tidak linier harus kuliah kembali sesuai Mapel. Untuk guru nonlinier berijazah S-1, mereka tinggal menempuh pendidikan selama tiga semester. Guru yang belum S-1 harus menempuh pendidikan selama delapan semester,” ucapnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More