intens.news
Mitra Informasi

Kalung Antivirus Segera Beredar di Palembang

0 55

Intens.news, PALEMBANG – Kalung anti virus hasil produksi dari Kementrian Pertanian yang rencananya akan beredar di kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini tinggal menunggu izin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumsel, Atekan mengatakan, setelah mendapatkan izin dari BPOM, kalung antivirus yang merupakan produk Eukaliptus tersebut akan dipasarkan di Palembang.

“Rencananya kalung antivirus akan di jual bebas melalui PT Eangle pada Agustus mendatang, tapi saat ini masih menunggu izin edar dari BPOM,” ujarnya, Selasa (21/7/2020).

Ia menjelaskan, kalung yang dipercaya dapat membunuh kembang biak virus tersebut, telah diproduksi dengan menggunakan teknologi nano yang berbentuk serbuk. Hal tersebut berguna untuk membantu agar partikel Eukaliptus tidak menyebar luas.

“Tujuan produk ini untuk menghalau virus masuk, dan kami pun¬†sudah meng uji coba virus jenis beta corona dan alfa corona yang karakteristiknya sama seperti Covid-19,” jelasnya.

Namun, walupun bahan kandungan tanaman Eukaliptus statusnya belum menjadi obat. Karena melalui hasil penelitian uji klinis belum dapat terbukti. Tapi secara penelitian kandungan yang bermanfaat sudah melalui kajian mendalam yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, serta labolatorium Ikatan Dokter Indonesia alias IDI.

“Dengan menghirup aroma produk ini selama 20 sampai 15 menit, semua virus dalam tenggorokan dan rongga tubuh tidak bisa hidup, karena produk Eukaliptus ini bahannya seperti jamu,” jelasnya.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dari Litbang, jika produk tanaman Eukaliptus disebut berhasil menghambat perkembangan virus hingga 81-100 persen. Apalagi, tanaman tersebut terbukti pernah membunuh virus flu burung h5+n1.

“Kalung antivirus masa pakainya tergantung aroma, bau aroma terapi ini bisa habis dalam jangka waktu satu bulan dan paling cepat dua minggu,” paparnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More