intens.news
Mitra Informasi

Karya Cipta Kearifan Lokal Sumsel Harus Meregenerasi

0 19

Intens.news, PALEMBANG – Karya cipta yang digagas oleh bumi Sriwijaya dan Dekranasda dalam Festival Serat Alam dan Lomba Cinderamata diadakan di Kriya Sriwijaya di Jalan Kampus, Sabtu (21/11/20).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru  mengatakan mengaku penuh rasa bangga serta bersyukur di masa pandemi masih bisa punya karya cipta.

“Ini pasti berdampak terhadap speed bagi pelaku seni, usaha yang membidangi karya-karya seni baik tenun maupun kerajinan lainnya, karena mendapat perhatian tempat dan juga tidak dipungut biaya, sehingga melalui karya cipta ini harus di turunkan kepada generasi dan harus di ajarkan sejak dini,” ujar Gubernur.

Dikatakan Deru, pihaknya berharap kepada seluruh stakeholder pemerintahan ini untuk terus menginspirasi para pengrajin agar mereka dapat berkarya lebih kreatif lagi, dan juga jangan bandingkan karya cipta Palembang dengan daerah lain dalam aspek kekaryaannya.

“Kita memang berbeda tidak ada yang lebih baik dan buruk sama saja, hanya saja bagaimana kita membuat kwalitasnya menjadi lebih baik, secara kwantitasnya bisa diproduksi secara masal dan juga bisa diterima pasar, itulah yang paling penting. Jadi bukan bersaing dibentuk karena kita beda dengan wilayah wilayah lain karena kita punya ciri khas masing-masing,” imbuhnya.

Menurutnya, maka kepada dekranasda jangan pernah takut, jangan malu dan tidak percaya diri untuk mengangkat begitu banyaknya hasanah kerajinan yang ada di Sumsel ini.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More