intens.news
Mitra Informasi

Kasus Kejahatan di Tengah Pandemi, Begini Tanggapan Kriminolog

0 68

Intens.news, PALEMBANG – Maraknya aksi kejahatan di kota Palembang dimasah pademi Covid-19, mendapat tanggapan dari kriminolog, Azwar Agus.

Agus menilai, peristiwa kejahatan ditengah Pandemi Covid-19 sudah diprediksi, karena faktor sosial yang mempengaruhi tingkat emosi masyarakat yang tinggi. Hal ini sebagian dilatarbelakangi banyaknya masyarakat terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan sulitnya mencari pekerjaan .

“Ya hal semacam inilah menjadikan lingkaran kompleks kejahatan semakin meningkat,” ujarnya kepada Intens. news, Sabtu (15/9/2020).

Azwar Agus menerangkan, saat ini tentunya peran penegak hukum khususnya kepolisian semakin berat dikarenakan terbatasnya personil.

“Kita harus mensiasati untuk melibatkan peran serta masyarakat dan mengefetifkan kembali peran-peran Babinkamtibmas,” ungkap Azwar.

Sedangkan untuk mencegah kejahatan ditengah pandemi Covid-19 ini, tentunya kita harus menjaga diri, seperti  menghindari tempat-tempat yang rawan kejahatan, tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, kehidupan yang tidak terlalu menyolok, tidak menggunakan handphone di pinggir jalan, dan tidak memancing orang-orang akan berbuat kejahatan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar dimasa pademi saat ini agar kita menjaga diri kita sendiri, insya Allah kita terhindar dari perbuatan kejahatan dan korban kejahatan,” imbaunya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More