intens.news
Mitra Informasi

Keindahan Kaktus Nan Eksotik di Graha Taman Kaktus Sako

0 82

Intensnews,PALEMBANG-Tanaman kaktus identik dengan Kawasan kering dan gersang. Namun, jika tanaman ini tumbuh subur menjadi hiasan lingkungan rumah, tidak hanya menjadi eksotis namun segar di pandang mata.

Pepohonan kaktus yang tinggi menjulang hingga 1-2 meter lebih itu, dapat di jumpai di Graha Kaktus Sako Palembang. Letaknya berada komplek Perumahan Graha Musi Cendana 2, tepatnya di jalan Lebak Murni Sako Palembang.

Menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari pusat kota Palembang, memasuki jalan menuju Kawasan Graha Taman Kaktus, pengunjung seakan di suguhi suasana yang berbeda. Meski masih pagi, namun matahari terasa terik. Namun memasuki pekarangan, mata pengunjung di sejukkan oleh kolam retensi seluas mata memandang. Angin yang menggoda ketenangan air, menyambut decak kagum suasana alam yang asri.

Dari depan komplek, sudah terlihat puluhan tanaman kaktus menyambut para cowboy yang ingin merasakan sejuknya suasana alam sekitar komplek perumahan bergaya minimalis namun tampak mewah. Seratusan pohon di susun rapi di dalam bangunan terbuka, hingga kesejukan seakan mengalir Ketika sepoy angin mengibas rambut para pengunjung.

“Silahkan melihat sebagian koleksi kaktus kami, ” kata M. Divo Alam,23, pemilik Graha Taman Kaktus yang menyambut kedatangan para tamu.

Di bagian muka, pengelola sengaja memajang seratusan kaktus yang siap jual. Terdapat pula puluhan pot berbahan tembikar yang menjadi media tanam kaktus-kaktus tersebut.

Menyaksikan kaktus-kaktus yang besar dan bercabang, bahkan ada beberapa kaktus setinggi 1 hingga 2,5  meter yang terdapat bunga di bagian pohonnya, jelas membuat terkesima para pengagum tanaman.  Mereka yang memahami sulitnya memelihara tanaman, mulai memperhitungkan usia kaktus-kaktus tersebut yang rata-rata dipelihara 3 hingga 10 tahun lebih.

“Ada tiga jenis tanaman kaktus yang kita pelihara disini,  yakni kaktus Koboi, kaktus Lilin, dan kakttus Sluken atau mini. Dan semuanya kita budidayakan di sini,” jelas Divo.

Kaktus yang dipamerkan tersebut memang di jual dengan kisaran harga mulai Rp50ribu-Rp100ribu per tanaman. Dan kisaran harga paling mahal sesuai dengan jenis dan ukuran mencapai Rp1,5juta hingga Rp2juta.

Para penggemar tanaman kaktus Palembang, sebagian besar sudah mengetahui keberadaan Graha Taman Kaktus ini.  Para kolektor akan berburu berbagai varian kaktus, bahkan mereka akan berlomba mengkoleksi varian kaktus yang unik.

Dimanjakan Keindahan Kaktus di Seluruh Tempat

Puas memandangi kaktus dibagian depan, Divo tiba-tiba mengajak pengunjung menelusi berbagai sudut Kawasan tanaman lainnya yang lebih indah. View kolam retensi sebenarnya sudah cukup membuat pengunjung merasakan kesegaran, di tambah lagi terdapat rumah kayu bergaya komering di sebelah lokasi perumahan, membuat alam sekitar terasa kian akrab.

Menuju ke bagian belakang bangunan, terdapat gazebo dan jalan setapak yang tertata rapi di balut hijaunya rumput serta kaktus yang menjulang rapi mengakar. Terdapat aliran air yang ternyata berisi ikan-ikan, semakin menambah keasrian komplek tersebut.

Mata pengunjung semakin dimanjakan ratusan pohon kaktus lainnya yang bertebaran tertata rapi di sepanjang tempat tersebut. Puluhan tempat dapat menjadi view pengunjung untuk berswa foto. Kaktus-kaktus yang telihat kali ini, bukan hanya tumbuh diatas pot tetapi diatas tanah. Mereka seakan berada di tempat lain yang lebih hijau.

Terdapat bangunan terbuka yang terasa melengkapi suasana western atau gaya klasik barat. Rencananya pengelola mungkin akan membuka café, yang memang identik dengan kaktus di seluruh tempat. Mungkin karena masih suasana covid-19, jadi harus di lakukan pembatasan pengunjung. Sebab, tidak jauh dari bangunan tersebut terdapat kantor pengelola komplek, yang bangunannya juga terbuat dari kayu.

Beberapa waktu lalu, pejabat dari Pemkot Palembang sudah pernah berkunjung ke Graha Taman Kaktus.Bahkan sudah berencana akan menetapkan Kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di kota Palembang.

“Sudah pernah di datangi dari Pemkot Palembang bersama Dinas Pariwisata, rencananya Kawasan ini di tetapkan menjadi salah satu destinasi wisata,” kata Samsu Rusman, pemilik komplek Perumahan Graha musi Cendana.

Untuk melengkapi Kawasan tersebut agar lebih cantik, Samsu Rusman bersama putranya M. Divo Alam terus mengembangkan tanaman kaktus, yang menjadi icon Kawasan tersebut.

“Alhamdulillah, kini semakin banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana tempat ini, yang identik dengan kaktus,” ucap Samsu.

Dia juga sudah mempersiapkan lahan khusus untuk dijadikan agrowisata tanaman hias dan bibit buah- buahan. Bagi masyarakat yang penasaran, bisa mendatangi Graha_TamanKaktus yang berada di kompleks Perumahan Bumi  Nusa Cendana 2, Jalan Lebak Murni (Samping kolam retensi) Kecamatan Sako Palembang. Atau order now di Insragram Graha_Tamankaktus dan WA 081117890731.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More