intens.news
Mitra Informasi

Kejar Juara I di Ajang API Award, Disdikbud Gelar Gerakan SMS Bersama Dukung Megalit Besemah

0 22

Intens.news, PAGAR ALAM – Berdasarkan hasil votting (perolehan suara) sementara Anugera Pesona Indonesia (API) Award 2021 yang dimulai sejak bulan Juli lalu, situs sejarah yakni Megalit Besemah Kota Pagar Alam hingga saat ini masih berada di urutan kedua dengan raihan 29 persen, dan hanya selisih beberapa persen saja dari situs sejarah Museum Buya Hamka Kabupaten Agam yang berada di urutan pertama dengan raihan 31 persen.

Sementara, votting melalui SMS serta akun Instagram (IG) @ayojalanjalanindonesia, chanel youtube API Award akan ditutup pada akhir bulan ini (Oktober).

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Pagar Alam Jemmiyo Siswanto mengatakan, melihat waktu yang sudah semakin dekat sementara peluang juara masih sangat terbuka, pihaknya kian intens melakukan sosialisasi upaya mendapatkan dukungan untuk Megalith Besemah tersebut.

Bahkan, kata dia, saat ini Disdik juga melakukan metode baru dalam meraih dukungan yakni dengan cara gerakan SMS Bersama dengan mendatangi sekolah-sekolah hingga ke perguruan tinggi yang juga melibatkan Ikatan Bujang Gadis Kampus (IBGK) Kota Pagar Alam.

“Karena SMS merupakan cara yang mudah dalam melakukan votting ketimbang akun IG dan Youtube, karena tidak semua kalangan faham dengan IG dan Youtube,” ucap Jemmiyo, Senin (11/10/2021).

Jemiyo mengatakan, dalam ajang ini juga Disdik Kota Pagar Alam sudah mendapatkan pemberitahuan soal penerima penghargaan nantinya, karena posisinya saat ini megalith besemah sudah masuk dalam tiga besar API Award 2021 untuk kategori situs sejarah.

“Namun tidak ada salahnya kita usahakan di waktu yang masih tersisa ini untuk hasil lebih baik lagi, bahkan kalau bisa berada di posisi pertama,” ucapnya.

Untuk diketahui, Pagar Alam sebagai kota destinasi wisata tak hanya indah alamnya juga dikenal situs megalitnya. Seperti Dolmen, Arca, Rumah Batu, Meja Batu, Bati Berelif, Lupang Batu, Lesung Batu, batu berformasi atau batu gelang dan lain-lain.

“Kita berharap, Megalitik Besemah ini akan menyusul kesuksesan Kampung Adat Terpopuler pada API tahun 2021. Melalui ajang ini juga bisa membuat Kota Pagar Alam lebih dikenal secara nasional dan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke situs-situs sejarah di Pagar Alam,” ulasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More