intens.news
Mitra Informasi

Kejati Sumsel Pastikan Sanksi Bagi Oknum yang Terlibat

0 24

Intens.news, PALEMBANG – Terkait kaburnya salah satu tahanan titipan Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang bernama Joko Zulkarnain yang terlibat kasus narkotika jenis sabu sebanyak 20 kilogram, Kasi Penegakan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumsel Khaidirman memastikan akan ada penegakan disiplin bagi pihak Kejaksaan Negeri yang terlibat, Senin ( 22/2/2021).

Khaidirman menjelaskan bahwa dalam perkara ini Kejari, Jaksa ataupun pengawal tahanan harus berjalan sesuai tupoksi atau porosnya.

“Jika tidak sesuai dengan tupoksinya, akan diperiksa oleh badan pengawasan Kejati,” jelas Khaidirman.

Saat ini pihaknya masih mendalami kasus kaburnya tahanan Kejaa yang tengah seditangani oleh bidang pengawasan Kejati Sumsel.

“Mulai dari pengawal tahanan, atasannya juga dimintai keterangannya. Terutama untuk menanyakan benar tidak kejadian tersebut,” lanjutnya.

Saat ditanya mengenai sanksi untuk oknum yang terbukti terlibat dalam kasus kaburnya tahanan ini, kata dia, pihaknya akan melihat sefatal apa kesalahan oknum tersebut.

“Dimana kesalahannya. Saya pikir kalau sengaja tidak mungkin, karena mempertaruhkan jabatannya,” imbuhnya.

Menurut Khaidirman, pada kasus ini terdapat faktor kelalaian. Lalai tidak disiplin dalam melaksanakan tugas, sehingga memunculkan peluang tahanan meloloskan diri.

Disini Khaidirman juga menegaskan bahwasanya dalam kasus ini, bukan jaksa yang saat itu berjaga, melainkan pegawai kejaksaan yang bertugas.

“Perlu diluruskan itu bukan jaksa, melainkan pegawai,” tegas Khaidiriman.

Secara umum Khaidirman menyampaikan bahwa jika nantinya pun terbukti adanya kesalahan pada pegawai yang berjaga. Maka sanksi nya ada 3, yakni sanksi ringan, sedang, dan berat.

“Maka akan kita lihat kedepannya. Saya tidak bisa berandai andai. Kita tunggu saja nantinya. Itu semua otoritas pengawasan,” tutup Khaidirman.

Editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More