intens.news
Mitra Informasi

Kelembagaan, SDM, Aspek Permodalan dan Pemasaran jadi Kendala UKM

0 30

Intens.news, PALEMBANG –  Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang menggelar seminar kepada para pelaku UKM dan IKM di kota Palembang.Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan peserta yang terbatas, acara ini berlangsung di hotel Azza, Selasa (24/11/2020).

Mustafa Patapa salah satu narasumber sekaligus Chief Executive Officer Kulaku mengatakan, masalah yang dihadapan para UMKM di saat pandemi dan sebelum yakni ada empat hal. “Diantaranya yakni masalah kelembagaan, SDM, aspek permodalan dan pemasaran,” ujarnya.

Permasalah tersebut, lanjut dia menjadi masalah yang selama ini dialami UMKM apalagi ditengah pandemi seperti ini.

“Solusi yang paling kita berikan yakni mengembali rasa percaya diri, tak hanya terjadi diri sendiri dan bisa sesuatu,” jelas dia.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM ini dapat terus produktivitas di era new normal ini.

Sementara itu, Hj Agustina Hanafi Ketua Panitia sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi Unsri mengatakan, UMKM adalah penyangga perekonomian di negara ini. Karena itu, peran mereka ini sangat penting dalam melakukan perubahan dalam membantu atau membangkitkan perekonomian negara.

“Kita lihat keadaan pandemi saat ini para pelaku UMKM ini memang kita bisa katakan melesu,” jelasnya.

Bahkan, ada pelaku usaha pun ada yang gulung tikar. Namun, melalui kegiatan ini pihaknya memberikan semangat dan masukan agar para pelaku UMKM ini tetap bangkit dan survive.

“Kita selalu bilang UMKM ini jangan pesimis dulu, berfikir positif. Janhan selalu terpaku keadaan sehingga tidak bisa bangkit,” jelas dia.

Selain itu juga, para pelaku UMKM ini juga harus disiplin, ada kemauan dan harus yakin. “Insya Allah kalau kita ada semua ini pasti bisa menghadapi era new normal saat ini,” ungkapnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More