intens.news
Mitra Informasi

Kemegahan Kampus B UIN Raden Fatah Mengandung Sejarah

0 13

Inten.news, PALEMBANG – Memang tak dapat dipungkiri Kemegahan kampus B UIN Raden Fatah yang terletak Jakabaring siapa saja yang melihat pasti dibuat takjub oleh ke indahan infrastrukturnya.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah mengatakan pembangunan Kampus B ini tidak terlepas dari berbagai dinamika sejarah yang ditorehkan oleh para tokoh UIN Raden Fatah Palembang terdahulu.

Dikatakan Nyayu, pembangunan Kampus B ini bermula dari amanah para pendahulu UIN Raden Fatah Palembang yang punya harapan memiliki kampus yang indah sebagai representasi budaya masyarakat muslim di Sumatera Selatan.

“Dan ini sejalan dengan distingsi UIN Raden Fatah Palembang, sebagai pusat peradaban melayu Islam yang diamanahkan oleh Kemenristekdikti dan tertuang dalam MoM Project 4 in 1,”katanya

Lanjutnya, pembangunan gedung di Kampus B UIN Raden Fatah Palembang tersebut juga dibangun dengan berbagai filosofi-filosofi yang terukir pada sisi arsitektur bangun yakni :Bangunan yang dikelilingi canal atau sungai melambangkan makna tanah melayu yakni tanah yang dikelilingi air.

“Sembilan gedung tersebut dikelilingi oleh canal/sungai melambangkan “Sungai Batang hari Sembilan”. Sungai tersebut mengalir mengelilingi bangunan sejauh tepat 1000 meter yang melambangkan bahwa semua ilmu pengetahuan yang diberikan semoga menjadi amal jariah yang mengalir 1000 tahun lebih kedepan bagi kemaslahatan ummat,”terang Nyayu.

Arah pintu masuk Gerbang utama menuju kawasan kampus sejajar dengan arah bayangan tiang yang dibentuk sinar matahari terbit di waktu sepenggalan.

“Sebagaimana makna dalam surat Ad-duha, dimana waktu tersebut adalah salah satu waktu terbaik untuk meminta rizki kepada Allah SWT dan salah satu rizki Allah adalah ilmu pengetahuan yang masing-masing individu akan mendapati pemahaman ilmunya masing-masing sesuai dengan ketetapan Allah yang tertulis di Lauhilmahfuz,”ungkap Nyayu.

Bangunan kembar gedung Administrasi dan Perpustakaan membentuk anak panah yang menunjuk ke arah utara dan selatan yang merupakan simbol sumbu atau poros bumi (dunia) sebagai simbol cita-cita agar UIN Raden Fatah menjadi poros dunia dalam membangun peradaban umat di dunia (Internasional).

“Seluruh harapan tersebut terpagari dalam simbol visi dan misi UIN Raden Fatah berstandar internasional (visi ke-1) dengan mengadopsi tiang pagar yang terbuka berwarna silver (milenium/milenial) yang mewakili semangat modern,”jelasnya.

Pagar yang mengelilingi kawasan 15 Ha memiliki ketinggian yang sama,melambangkan wawasan kebangsaan (visi ke-2).

“Dimana bangsa ini menjunjung tinggi kemanusiaan, persamaan hak dan kewajiban dalam hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali,”ucapnya.

Tiang besi menyerupai bambu runcing berjumlah 17 menyimbolkan 17 Agustus 1945 sekaligus 17 Ramadhan sebagai simbol karakter islami (visi ke-3)

“Dimana dasar yang melindungi atau mengelilingi gerak-langkah adalah Al-Quran yang pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan,”imbuhnya.

Bentuk kepala tiang pagar berbentuk piramida melambangkan piramida ilmu yang mengerucut ke atas.

“Yang berarti luasnya ilmu pengetahuan dan teknologi berasal dari satu titik puncak yakni Allah SWT,”tuturnya.

Dijelaskan Nyayu, harapan dan makna yang disimbolkan pada bangunan serta infrastruktur Kampus baru UIN Raden Fatah Palembang tersebut menjadi simbol sejarah dimana orang merasa belum ke Palembang bila belum ke UIN Raden Fatah.

“Kemegahan gedung serta ketersediaan sarana-prasarana berbasis teknologi modern yang ada di Kampus ini akan sangat menunjang proses akademik perkuliahan, penelitian, pengembangan, dan inovasi di Kampus tercinta ini,”katanya.

Kehadiran Kampus ini juga, lanjut Nyayu, diharapkan memberikan sebuah warna dan semangat baru bagi civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

“Di samping keberadaan Sumber Daya Infratruktur, agar unggul dan kompetitif di level nasional maupun internasional di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi di era disrupsi ini,”katanya

Ia pun berharap, kelak di kemudian hari, UIN Raden Fatah Palembang senantiasa istiqamah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More