intens.news
Mitra Informasi

Kemenag Keluarkan Tuntunan Salat Id di Rumah

0 327

Intens.news, PAGARALAM – Kota Pagaralam memastikan tidak akan menggelar takbiran serta Salat Id di Masjid maupun di lapangan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020.

Hal ini setelah adanya kesepakatan bersama antara Pemkot Pagaralam dengan Forkopimda serta pemuka agama se-Kota Pagaralam dalam rakor yang merupakan rapat lanjutan atas keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, yang telah menegaskan bahwa Salat Id akan tetap ada, hanya saja dilaksanakan di rumah masing-masing untuk sementara waktu.

Kepala Kementerian Agama (Kakemenag) Pagaralam, Win Hartan, menyatakan kebijakan atau kesepakatan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agaman RI nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

“Artinya kalaupun harus Salat Id di rumah, kita dukung dan sepakat terhadap keputusan tersebut,” ucap Win Hartan, Rabu (20/5/2020).

Dia bilang, untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ragu dan belum mengerti tata cara Salat Id di rumah, Kemenag Pagaralam akan mengeluarkan panduan Salat Id di rumah.

Ia menjelaskan,bahwa Salat Id di rumah boleh dilakukan sendiri dan boleh juga dilakukan berjamaah. “Kalau dilaksanakan 2 orang maka sunat khutbah. Kalau dilaksanakan 4 orang maka khutbah wajib,” terangnya.

Berikut Tata Cara Salat Id di rumah:

  1. Membaca Takbir
  2. Membaca Doa iftitah
  3. Takbir intiqol 7x
  4. Tasbih 6x
  5. Membaca Alfateha
  6. Membaca Ayat pendek
  7. Kemudian Ruku’
  8. I’tidal
  9. Sujud
  10. Duduk antara 2 sujud
  11. Sujud
  12. Berdiri betul
  13. Takbir intiqol 5x (Rakaat kedua)
  14. Tasbih 4x
  15. Membaca Alfateha
  16. Membaca ayat pendek
  17. Dst…s/d Salam kemudian lanjut khutbah (sunat bila 2 orang dan wajib jika 4 orang)

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More