intens.news
Mitra Informasi

Kini, Bikin SKCK dan SIM di Polrestabes Lebih Mudah

0 139

Intens.news,PALEMBANG-Sejak mendapatkan penghargaan dari Kemenpan-RB, kini layanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK dan Surat Izin Mengemudi dapat lebih mudah.

Para pemohon dapat langsung ke bagian pembuatan SKCK, dan petugas akan memberikan formulir yang diisi pemohon. Setelah syarat administrasi terpenuhi, pemohon kemudian membayar keloket bank dan beberapa waktu kemudian SKCK sudah di tangan pemohon.

Demikian juga dengan permohonan pembuatan SIM. Meski prosesnya agak panjang, namun hal tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Para pemohon pembuatan SIM akan melalui beberapa tahapan, seperti pengisian formulir, persyaratan admnistrasi, tes tertulis, dan tes langsung. Bintara Pelayanan SKCK Polrestabes Palembang, Brigadir Okta Yuda mengatakan, Polrestabes Palembang telah memberlakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat, hingga masyarakat dapat lebih mudah mengurus pembuatan SKCK dan SIM. Hingga akhirnya Polrestabes mendapatkan penghargaan predikat layanan prima dari Kemenpan RB.

“Pemohon tinggal mengambil formulir ke bagian SKCK. Nantinya mereka akan diarahkan petugas untuk mengisi formulir, kemudian membayar administrasi di bank,” kata Okta Yuda.

Foto(Kiki Nandance): Layanan pembuatan SIM di Polrestabes Palembang

Senada dikatakan petugas pelayanan SIM Polrestabes Palembang, Aipda Adios. Menurut dia, untuk layanan perpanjangan SIM, para pemohon dapat langsung mengambil formulir dan kemudian mengisinya. Petugas kemudian mengecek kesehatan pemohon, dan kemudian membayar administrasi di bank. Sedangkan untuk pembuatan SIM, setelah mengisi formulir dan kelengkapan adminsitrasi lainnya pemohon akan di uji oleh petugas dengan simulator atau ujian langsung di lapangan tes. Setelah diverifikasi dan dinyatakan lulus, pemohon akan mendapatkan SIM.

“Ini bentuk keseriusan Polrestabes dalam rangka memberikan pelayanan yang bersih dan transparan,” kata Adios.

Foto(Kiki Nandance): Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra mengatakan, Polrestabes Palembang merasa bangga atas kinerja para petugas hingga mendapatkan penghargaan tersebut.

“Ya kami berusahan terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik lebih prima lagi,” kata Irvan Prawira Satyaputra.

Irvan mengharapkan, para petugas dapat terus meningkatkan kinerja dan prestasi hingga tercipta layanan birokrasi yang lebih baik lagi.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More