intens.news
Mitra Informasi

KK dan KTP Berubah Domisili, Warga Plaju Darat Laporkan Oknum RT dan Lurah ke Polisi

0 186

Intens.news, PALEMBANG – Sejumlah warga Plaju Darat Palembang kaget bukan kepalang lantaran domisili tempat mereka tinggal sudah berubah, dari semulanya sebagai warga Kota Palembang berubah menjadi warga Kabupaten Banyuasin.

Herianto (44), warga Komplek Ponpes Ar Rahman RT 35 RW 10 Kelurahan Plaju Darat Kecamatan Plaju Palembang ini baru mengetahui jika domisili tempat tinggalnya berubah saat akan mengajukan bea siswa untuk anaknya yang sedang kuliah di UIN Raden Fatah Palembang.

“Perubahan KTP dan KK dari Palembang menjadi warga Banyuasin ini sama sekali tidak aku ketahui. Aku juga tidak pernah mengajukan kepada siapa pun terkait pindah domisili. Ini baru ketahuan saat akan mengurus beasiswa anak yang kuliah, ternyata data domisili sudah tidak ada lagi berdomisili di Kota Palembang. Jadi bantuan bea siswa tidak bisa dicairkan,” ucap Herianto di Polda Sumsel, Rabu (21/10/2020).

Herianto yang penasaran domisilinya sudah berpindah dari Palembang ke Banyuasin langsung mencari tahu. Ternyata, domisilinya pindah usai mengumpulkan fotocopy KK berdasarkan permintaan dari Ketua RT 12 Kelurahan Jakabaring Selatan beberapa waktu yang lalu.

“Sekarang ini jadi warga tidak jelas aku ini, warga masyarakat Palembang sudah bukan. Sekarang tiba-tiba di Banyuasin juga dikeluarkan. Jadi masuk dimana, domisili tidak jelas,” ungkapnya.

Merasa dirugikan dan tidak terima dengan tindakan yang dilakukan oknum RT dan oknum kelurahan Jakabaring Selatan, Herianto memutuskan untuk menempuh jalur hukum dan melaporkan atas pemalsuan dokumen ke SPKT Polda Sumsel.

Di sisi lain, adanya kejadian yang menimpa sejumlah warga karena domisili mereka tiba-tiba berubah sempat membuat panas warga Forum Masyarakat Plaju Darat Bersatu. Rencananya mereka akan melakukan demo terkait adanya dugaan pemalsuan terkait dokemen mereka.

Namun, karena kondisi saat ini yang sedang pandemi mereka membatalkan aksi untuk menggeruduk kantor Kelurahan Jakabaring Selatan. Mereka memutuskan, untuk melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.

Sementara itu, Ketua Forum Masyarakat Plaju Darat Bersatu, Daryoni menjelaskan, pihaknya memdapati adanya masalah tindakan yang diduga pemalsuan dokumen dalam perpindahan domisili dari warga Kota Palembang menjadi warga Kabupaten Banyuasin.

“Dari penelusuran, ada sejumlah warga yang menjadi korban pemalsuan dokumen perpindahan domisili dari warga kota Palembang menjadi warga Kabupaten Banyuasin. Dari penelusuran kami, oknum ketua RT 12 Kelurahan Jakabaring Selatan sempat meminta fotocopy KK. Katanya kepada korban meminta itu, alasan untuk mendapatkan bantuan sembako Dampak Pandemik Covid19,” katanya.

Ternyata, bantuan yang dijanjikan tidak pernah diterima. Akan tetapi, malah warga yang menyerahkan fotocopy KK malah berpindah domisili dari Kota Palembang menjadi warga Banyuasin.

Setelah ditelusuri lagi, kata Daryoni, ternyata  bantuan yang berasal dari Pemkab Banyuasin hanya untuk warga Banyuasin. Karena, salah satu syarat mendapatkan bantuan sembako dari Pemkab Banyuasin harus warga masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Banyuasin. Itu dibuktikan dengan fotocopy KK yang dilampirkan untuk pengajuan bantuan.

“Setelah adanya masalah ini, para warga yang menjadi korban pemalsuan bersama-sama untuk melaporkan yang bersangkutan ke polisi. Karena, awalnya kami akan melakukan aksi unjuk rasa terhadap pemerintah dalam hal ini Kantor Lurah dan Disdukcapil dengan jumlah lebih kurang 1000 orang. Namun, karena pandemi COVID-19 saat ini maka diputuskan untuk menempuh jalur hukum saja. Laporan juga sudah diterima dan sudah di proses, tinggal menunggu proses selanjutnya saja di polisi,” katanya.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi ketika dikonfirmasi menjelaskan, laporan korban sudah diterima dan sudah ditindak lanjuti pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum.

“Laporan korban sudah diterima di SPKT Polda Sumsel. Sekarang masih dalam proses penyelidikan,” katanya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More