intens.news
Mitra Informasi

Komisi II : Disperindag Harus Kembali Sosialisasikan Aturan Main Sewa Kios

0 30

Intens.news, PAGARALAM – Prihal penagihan sewa kios terhadap beberapa pedagang yang beroperasi di Pasar Dempo Permai dan berujung penutupan, ternyata sempat dibahas ke Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Dinas Perindustrian  Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) dengan Komisi II DPRD Kota Pagar Alam.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Pagar Alam Oliviana Arifin dalam rapat pripurna laporan hasil pembahasan komisi terhadap RPAPBD Kota Pagar Alam tahun 2020, Sabtu,(12/9/20).

Olivia mengatakan, apa yang dilakukan oleh Disperindagkop UKM adalah kegiatan rutin yang sudah disosialisasikan sebelumnya terkait batas akhir pembayaran sewa kios yakni tanggal 30 September 2020.

“Hanya saja penagihannya dilakukan pada saat pandemi covid-19,padahal diketahui bersama penjualan dimasa pandemi ini jauh berkurang,” paparnya.

Menurut Olivia, pemerintah di sebagian wilayah justru memberikan banyak keringanan atas beberapa kegiatan seperti pemutihan pajak kendaraan, menunda pembayaran PBB dan sebagainya.

Akan tetapi, apabila kegiatan ini tidak dilakukan tentunya Disperindagkop sebagai leding sektor penagihan tidak tahu seberapa besar kemampuan penyewa untuk membayar tunggakan sewa kios tersebut.

“Karena selama ini prihal sewa menyewa kios ini selalu ada komunikasi yang baik dan jalan keluarnya,” jelas Olivia.

Dan mengenai penutupan 15 Kios yang dilakukan oleh Disperidagkop tersbut, Dikatakan Olivia, bahwa penyewa tidak bisa ditemui dan dihubungi. Padahal, tujuan dari penggembokan tersebut berharap akan ada penyelesaian dan penyewa bisa menghubungi Disperindag untuk membahas masalah sewa tersebut.

“Namun sebagian masyarakatpun terkadang tidak faham dengan situasi yang terjadi dan langkah-langkah yang diambil  ditengah pandemi covid-19,” jelasnya.

Dengan itu juga, sambung Olivia, Komisi II merekomendasikan agar Disperindagkop kembali mensosialisasikan aturan sewa menyewa kios ini, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan penyewa seperti kios tidak boleh dijadikan gudang, dan penyewanya pun tidak boleh lebih dari satu untuk satu kios.

“Karena prihal pembayaran ini harus disiplin dan tepat waktu dengan membuka komunikasi seluas luasnya kepada perindakop apabila ada kesulitan,” pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More