intens.news
Mitra Informasi

Kronologi Penemuan Tulang Kaki Diduga Milik Santri Ponpes Al Ittifaqiah

0 416

Intens.news, PALEMBANG – Potongan tubuh berupa tulang kaki yang diduga milik Ahmad Zaki Zukri (17), ditemukan di Sungai Ogan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).

Zaki merupakan seorang santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ittifaqiah Indralaya, yang tenggelam di Sungai Ogan pada 31 Oktober 2020, saat ia sedang berenang bersama teman-temanya. Diketahui, Zaki merupakan warga Desa Meranjat kampung II Kecamatan Indralaya Selatan.

Menurut Zuhaironi (45), pengurus Ponpes Al Ittifaqiah bagian Peribadatan dan Kepengasuhan, penemuan potongan tubuh ini berawal ketika Samsudin, warga setempat yang sedang berada di pinggir sungai melihat potongan tubuh manusia tersangkut di sebuah jaring miliknya pada Minggu, 31 Januari 2021.

“Di hari pertama ia melihat potongan tubuh tersebut ia masih menghiraukannya. Namun di saat malam hari, ia berpikir bahwa jangan-jangan potongan tubuh itu ialah milik santri Ponpes Al Ittifaqiah yang hilang tenggelam tiga bulan lalu,” kata Zuhaironi, Rabu (3/2/2021).

Keesokan harinya, pada Senin, 1 Februai 2021, sekitar pukul 15.00 WIB, ia pergi kembali ke lokasi untuk memastikan bahwa itu memang benar potongan tubuh manusia atau bukan.

Setelah ia cek, ternyata memang benar itu adalah potongan tubuh yang berupa tulang kaki dan masih ada celana abu-abu dan ikat pinggang yang masih menempel di tulang tersebut.

“Potongan tubuh beserta celana dan ikat pinggang tersebut langsung ia bawa dan dilaporkanya ke Kades setempat, kemudian dievakuasi oleh Polsek Muara Kuang dan Tim Inafis Polres Ogan Ilir,” ungkap dia.

Informasi mengenai adanya penemuan tulang belulang disebarluaskan melalui akun Media Sosial (Medsos) Polsek Muara kuang, dan berkoordinasi Kades-Kades di wilayah hukum Polsek Muara Kuang agar dapat menyampaikan kepada warganya jika ada warga yang kehilangan anggota keluarga.

Kemudian ada salah satu warga Desa di Kecamatan Muara Kuang Ogan Ilir yaitu Fikri, memberikan keterangan bahwa dimungkinkan tulang atau tengkorak tersebut adalah mayat almarhum Ahmad Zaki Zukri dilihat dari celana dan ikat pinggang yang ia gunakan.

Mengetahui adanya penemuan potongan tubuh yang diduga dari santri Ponpes Al Ittifaqiah itu, pihak Ponpes langsung menghubungi pihak keluarga dan pihak keluarga membenarkan bahwa ikat pinggang dan celana tersebut ialah milik putranya yakni Ahmad Zaki, karena sebelum dinyatakan hilang putranya sempat berphoto dengan menggunakan pakaian tersebut.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More