intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Latsar CPNS Golongan II dan III Menkumham Resmi di Buka

0 32

Intens.news, PALEMBANG – Balai Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Hukum dan HAM Kepulauan Riau bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Sumsel) menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan III, di Wilayah Kerja Badiklat Hukum dan HAM Kepulauan Riau Rayon Palembang Tahun Anggaran 2019 sebagai salah satu syarat wajib sebelum menjadi PNS.

Latsar ini diikuti 76 peserta yang terdiri dari 40 orang CPNS Golongan II dan 36 orang CPNS Golongan III, dipusatkan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sumsel.

Pelaksanaan Latsar ini akan dilaksanakan selama tiga tahap, yaitu Pembelajaran/On Campus (7 sampai 25 Oktober 2019), Habituasi (28 Oktober sampai 6 Desember 2019) di tempat kerja masing-masing, dan Ujian Aktualisasi (8 sampai 12 Desember 2019).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Indra Gunawan Begab, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel pada Selasa kemarin (8/10/2019).

Kadivmin Indra Gunawan Betab mengatakan, bahwa CPNS yang telah lulus seleksi masuk akan mengikuti masa percobaan selama satu tahun dan wajib melalui proses pelatihan khusus.

“Pelatihan yang saat ini dikenal dengan Pelatihan Dasar (Latsar) hanya dapat diikuti satu kali dalam setahun sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. Untuk itu, setiap CPNS wajib lulus dalam mengikuti Latsar yang merupakan syarat utama untuk menjadi PNS,” tegasnya, Rabu (9/10/2019).

Ia juga mengemukakan Latsar ini bertujuan untuk mengembangkan potensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi dengan mengukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar CPNS, kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI, serta penguasaan kompetensi di bidang tugasnya.

Berdasarkan kebijakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, pelaksanaan Latsar di wilayah kerja Badiklat Kepulauan Riau dibagi dalam tiga rayon, yaitu Rayon Batam, Rayon Medan, dan Rayon Palembang.

Oleh karena itu, selain diikuti oleh CPNS dari lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel (44 orang), peserta Latsar CPNS Golongan II dan III yang dilaksanakan di Rayon Palembang juga berasal dari Provinsi Jambi (11 orang), Bangka Belitung (14 orang), Riau (6 orang), dan Sumatera Barat (1 orang).

Pada acara pembukaan Latsar tersebut turut hadir pula para Kepala Divisi, pejabat administrator, pejabat fungsional, jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala BPSDMD Provinsi Sumsel, Kasat Brimob Polda Sumsel, Kepala Bapelkes Provinsi Sumsel, serta para widyaiswara dan tenaga pengajar pelatihan.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More