intens.news
Mitra Informasi

Lestarikan Sejarah dengan Dokumentasi

0 26

Intens.news, PALEMBANG – Museum Sulatan Mahmud Badaruddin II yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan Kota Palembang, memamerkan puluhan koleksi dokumentasi bersejarah bangunan museum yang ada di kota Palembang pahlawan Nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Zanariah mengatakan, dokumentasi sangatlah penting dalam melestarikan cagar budaya melihat sejarah palembang untuk diketahui oleh generasi selanjutnya.

“Dokumejtasi benda benda bersejarh di museum, tidak lain sebagai cikal bakal suatu benda yang bersejarah untuk dipelajari,” ungkapnya saat buka pameran dokumentasi benda bersejarah di Museum SMB II, jumat (18/10/2019)

Ia menyebutkan, ada sekitar 13 foto bangunan museum dari massa ke massa yang ada di Palembang, bahkan yang tertua adalah foto bangunan di tahun 1890 hingga 1900-an. Pihaknya juga berupaya untuk mencari arsip-arsip yang belum dimiliki oleh Disbud.

“Masih banyak arsip-arsip yang tersebar di masyarakat, salah satu upaya kita mencari foto yang belum ditangan dengan meminta Pemkot Palembang membuatkan Perdanya agar benda yang dimiliki masyarakat jatuh ke tangan Disbud. Sehingga barang itu tidak jatuh ke tangan orang kita (Palembang) sendiri,” kata dia.

Selain bangunan museum, adapula sejarah Pahwalan Nasional asal Sumsel yakni Adnan Kapau Gani (A.K Gani), mulai dari biografi hingga kegiatan beliau yang dikenal juga sebagai salah satu pencetus Sumpah Pemuda angkatan 1928.

G.I. Priyanti A.K. Gani Kepala Museum A.K Gani yang juga salah satu anak dari A.K Gani menambahkan, museum A.K Gani juga ikut berpartisipasi dalam pameran ini untuk mengenalkan A.K Gani sebagai Pahlawan Nasional.

“Kita menampilkan 52 koleksi dari 1500 koleksi dimuseum A.K Gani yang d pajang disini,” Singkatnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More