intens.news
Mitra Informasi

Lima Aspek Harus Diajarkan kepada Mahasiswa di era Disrupsi

0 74

Intens.news, Palembang – Agar bisa bersaing di era serba cepat dan penuh dengan teknologi canggih yang sering disebut sebagai era disrupsi. Tentunya ada lima aspek dinilai harus diajarkan dosen kepada mahasiswa.

Hal tersebut diungkap Guru besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya,  Nur Syam. usai memberikan kuliah iftitah di gedung akademik Center UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (12/2/2020).

“Lima aspek tersebut yakni penguasaan nilai, keyakinan dan kepercayaan, indepedensi, kerjasama tim dan rasa peduli. Kelima aspek ini harus diajarkan dosen kepada mahasiswa sebagai bekal menghadapi era disrupsi saat ini,” tegasnya.

Menurutnya, manusia memiliki keunikan, lima aspek ini adalah keunikan yang tidak bisa dimiliki oleh robot yang dipredikis akan mengikis pekerjaan manusia dikemudian hari.

“Penguasaan nilai harus dimiliki mahasiswa dengan cara memberikan karakter sebagai mahasiswa yang menempuh pendidikan agama seperti UIN Raden Fatah Palembang,” jelasnya.

Dia mengatakan, aspek keyakinan dan kepercayaan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa jika manusia merupakan sebaik-bainya ciptaan tuhan dan meyakini jika dunia hanya sementara.

“Aspek independensi sendiri bertujuan agar mahasiswa bebas berfikir yang melahirkan inovasi dan bukan mengekakng mahasiswa yang berakibat sebaliknya,” ucapnya.

untuk aspek keempat lanjutnya,  yakni kerjasaam tim, negara Islandia menjadi negara nomor satu dalam bidang pendidikan di dunia karena menerapkan pola pendidikan kerjasama tim atau kelompok. Sebab, tidak ada prestasi yang paling baik selain prestasi kelompok.

“Dan dosen dituntut untuk mengajarkan kerjasama tim kepada mahasiswa. Aspek selanjutnya adalah peduli. Aspek peduli sesama ini bisa mengikis individualiasme dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama,” tegasnya.

Sementara itu,  Rektor UIN Raden Fatah Prof. Sirozi, mengatakan, rasa senang dan terimakasih atas kedatangan peserta kuliah iftitah yaitu mahasiswa/i  angkatan 2019/2020 semester genap.

“Kuliah iftitah pada kali ini dengan topik yang sangat kekinian, yaitu Pendidikan Islam di era Disrupsi,” katanya.

“Benar bahwa sekarang ini kita di era yang mana terjadi perubahan yang luar biasa yang sangat cepat, melalui kuliah iftitah ini bisa membuka mata para generasi millenial menghadapi era dirupsi,” tukasnya

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More