intens.news
Mitra Informasi

LPTO Gandeng LSK Siap Telurkan Mekanik Yang Bersertifikasi

0 319

Intens.news, PALEMBANG – ‎30 mekanik bersertifikasi resmi dari berbagai latar belakang baik dari anak putus sekolah, pencari kerja, alumni vokasi dan lain sebagainya, berhasil ditelurkan oleh Lembaga Pendidikan Teknik Otomotif (LPTO) Siap Mandiri Palembang yang merupakan Lembaga Seritifikasi Kompetensi (LSK) Dirjend Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemendikbud RI.

Pimpinan LPTO Siap Mandiri Palembang, H Suparman, mengatakan, LPTO merupakan tempat uji jompetensi, dengan tujuan untuk calon mekanik telah melaksanakan Pelatihan dan sertifikasi serta mendapat pengakuan pemerintah.

“Sertifikasi ini akan langsung diuji oleh para asesor resmi dari LSK Pusat yang resmi dari Pemerintah. Setelah melalui uji kompetensi ini para mekanik akan mendapatkan sertifikasi resmi dari LSK dan ini akan memudahkan mereka untuk masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri atau Dudi,” kata Suparman.

Dikatakannya, bahwa Lembaga Pendidikan Teknik Otomotif yang berada di Jalan Dr M Isa No 244C Palembang ini, telah Terakreditasj BAN PAUD DAN PNF No. LKP OTO/1671/002/07/2017 dan Terakreditasi LA-LPK No. 476/LA-LKP/I/2017.

“Dan kita memiliki dua program yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM),” jelasnya.

Sementara itu, Asesor LSK Pusat, Cakra Hendra Jaya, mengatakan, bahwa uji kompetensi yang diberikan adalah ujian teori dan ujian praktek.

“Ujian teori mereka secara online dan praktek mereka langsung diuji mengatasi masalah motor dengan yang teknologi terkini injection saat ini. Beda dengan yang konvensional dulu yang karbulator,” terangnya.

Menurutnya, progran sertifikasi uji kompetensi yang dilakukan ini selaras dengan program Presiden RI tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dibidang vokasi.

“LSK sendiri saat ini sudah menelurkan para mekanik sekitar 2.500 orang yang telah tersertifikasi yang saat ini telah terserap di dunia usaha dan dunia industry. Semoga LSK Pusat sebagai lembaga yang kini sudah memberikan sertifikasi uji kompetensi di berbagai wilayah di Indonesia, semoga program Presiden RI tentang pengembangan SDM vokasi ini terus didukung,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More