intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Makna Idul Adha bagi Yusuf Indra, Belajar Berbagi dan Peduli

0 19

Intens.news, PALEMBANG – Hari Raya Idul Adha memiliki makna tersendiri bagi RM Yusuf Indra Kesuma. Peringatan Idul Adha, bagi anggota DPRD Palembang itu, merupakan momen untuk belajar berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Idul Adha merupakan hari bersejarah bagi seluruh umat Islam, mari kita sambut dengan suka cita,” kata Yusuf Indra, Sabtu (10/08/2019).

Idul Adha sangat identik dengan hewan kurban. Bicara tentang kurban, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengingat tentang peristiwa kurban, kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk mengorbankan putranya sendiri, Nabi Ismail.

Dengan ketaatan Nabi Ibrahim, dia secara ikhlas menjalankan perintah yang sangat sulit bagi orangtua manapun. Disinilah Allah menunjukkan kekuasaannya, mengganti Ismail dengan seekor domba.

“Dari sini kita belajar bahwa kewajiban dari perintah Allah itu harus dilaksanakan apapun itu, termasuk berkurban. Karena Allah tidak membebani hambanya dengan sesuatu yang tidak disanggupi,” terangnya.

Menurut Indra, makna berkurban sebenarnya sangat banyak. “Kita sebagai manusia bisa belajar untuk berbagi dan peduli satu sama lain. Orang yang mampu bisa makan daging, dan orang yang kurang mampu bisa makan daging juga,” ujarnya.

Selain dengan mengurbankan seekor hewan, tentunya sudah menjadi kewajiban dari hari raya adalah mengucapkan kata-kata maaf kepada orang-orang terdekat. Baik kerabat, keluarga, orangtua, sahabat maupun teman.

Karena sebagai manusia biasa, tentunya tidak pernah luput dari kesalahan. Menyambung silahturahim dengan tujuan saling memaafkan satu sama lain merupakan salah satu makna dari hari raya Idul Adha.

“Selain berbagi dengan sesame, di hari raya Idul Adha kita juga wajib mengucapkan dan meminta maaf. Mungkin atas khilaf salah kata di sengaja atau tidak,” terang Indra.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More