intens.news
Mitra Informasi

Manfaatkan Pekarangan Rumah, Dapatkan Penghasilan Minimal Rp3 Juta per Bulan

0 40

Intens.news, PALEMBANG – Di masa pandemi virus corona (COVID-19), masyarakat dituntut lebih kreavitas untuk menambah sumber pemasukan. Tidak hanya kaum Adam, namun juga Hawa.

“Untuk menambah pemasukan di sektor ekonomi di masa pandemi COVID-19 ini, ibu-ibu bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan bercocok tanam,” kata Ketua Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel), Nurhayati Muligan, Senin (7/9/2020).

Dia bilang, bercocok tanam di pekarangan rumah dapat memberikan pemasukan di sektor ekonomi dengan biaya yang sangat murah. Baik itu tanaman kembang, sayur, maupun buah-buahan.

Perempuan Tani menyebutkan, bahwasannya ada program ketahanan pangan, di mana program ini harus memanfaatkan pekarangan rumah atau membuat vertikal garden dan memanfaatkan tanaman yang ada, seperti cabe ataupun bunga.

Ada 50 jenis tanaman yang ada di pekarangan rumah Perempuan Tani, di antaranya adalah Janda Bolong, Monstera, Pakis dan lain sebagainya. Peminat yang paling banyak dalam bercocok tanam yaitu Sansipera dan Janda Bolong.

“Dengan bercocok tanam, pemasukan yang bisa didapat yaitu di atas Rp3 juta dan tidak ada target dalam hal ini. Hal ini dijadikan bisnis serta menginspirasi orang lain. Adapun bahan-bahan bekas bisa kita pakai untuk pot bunga paling yaitu sepatu bekas, celana bekas dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Dengan begitu, kita bisa menghemat untuk biaya pot dan meningkatkan kreativitas sambil berkebun. Have a garden to creativity,” ungkap Nurhayati.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More