intens.news
Mitra Informasi

Masa Pandemi, Perusahaan Dapat Ajukan Keberatan Terkait UMK

0 43

Intens.news, PALEMBANG – Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), telah disepakati dan dikeluarkan Surat Keputusan sebagai landasan legal formal keputusan tersebut.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, perusahaan dipersilahkan untuk mengajukan keberatan atas SK Gubernur Sumsel terkait penetapan UMK.

Fahmi Hatta selaku Kepala Bidang Dinas ketenagakerjaan Kota Palembang mengatakan, surat keputusan Gubernur Sumsel telah dibuat sejak 3 Desember 2020 dan diberlakukan mulai 1 Januari 2021.

“SK Gubernur nomor 700/KPTS/Disnakertran/2020, tentang upah minumum kota Palembang tahun 2021 yaitu sebesar Rp. 3.270.930,” katanya, Selasa (23/02/2021).

Fahmi menjelaskan, perusahaan sudah mengetahui SK tersebut. Akan tetapi pihaknya belum mengethaui secara pasti sudah berapa banyak perusahaan yang menerapkan UMK sesuai SK.

“Kalau untuk dipersentasikan itu belum ada laporan, tetapi rata-rata mereka menerima hal tersebut. Juga kalau ada yang keberatan, pasti mereka akan menyampaikan ke provinsi dan belum ada juga perusahaan yang melaporkan mengenai keberatan,” jelas dia.

Fahmi berujar, dengan kondisi pamdemi Covid-19, mungkin banyak perusahaan yang belum memiliki kemampuan atas UMK yang dikeluarkan.

“Karena kondisi Covid19 ini, katakanlah banyak perusahaan yang belum mempunyai kemampuan, tinggal bagaiman mereka menyikapi SK ini,” tukas Fahmi.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More