intens.news
Mitra Informasi

Mengintip Pesona Air Terjun Ayek Deghian di Empat Lawang

0 70

Intens.news, EMPAT LAWANG – Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang merupakan salah satu desa di kabupaten Empat Lawang yang kaya akan destinasi wisata alam air terjun.

Salah satunya Air Terjun Ayek Deghian yang terletak di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Diberi nama Air Terjun Ayek Deghian, karena air terjun ini berada di dekat pohon durian yang banyak tumbuh di sekitar aliran sungai deghian.

Ayek dalam bahasa daerah masyarakat Empat Lawang berarti air atau sungai, sedangkan Deghian memiliki arti yaitu buah durian.

Air Terjun Ayek Deghian merupakan air terjun yang indah karena air terjunnya yang unik dengan variasi bebatuan yang terbentuk secara alami dan beberapa air terjun kecil yang berada dibawahnya.

Hady kemas selaku Ketua Pesona Desa Sawah sekaligus pemuda dari Desa Sawah mengatakan, untuk menuju ke lokasi air terjun, sahabat wisata bisa menyewa jasa pemandu lokal yang ada di sekretariat Pokdarwis Puyang Putri Desa Sawah.

“Kami dari Pokdarwis menyediakan jasa pemandu lokal yang pastinya paham dengan lokasi yang akan dituju,” kata Hady.

Perjalanan menuju air terjun ini ditempuh kurang lebih 15 menit dari Desa Sawah dengan suguhan alam deretan hijau bukit barisan dan merapi gunung dempo, kemudian sahabat wisata bisa memarkir kendaraan di Talang Kelob dan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit melewati hamparan perkebunan kopi milik warga dengan kesejukan udara khas hutan hujan tropis.

Keunikan yang dimiliki oleh air terjun ini adalah warna airnya yang begitu jernih dan berasa asam karena memiliki kandungan sulfur atau belerang yang bersumber dari lembah Gunung Dempo.  “Salam lestari, stop vandalisme dan jangan tinggalkan sampah di lokasi wisata,” ucapnya.

Ketua Pesona Empat Lawang, Mario Kaslindo, mengatakan, Air Terjun Ayek Degian yang terletak di desa sawah merupakan salah satu potensi destinasi wisata yang dimiliki oleh kabupaten Empat Lawang terletak di Desa Sawah, yang mana untuk sampai ke lokasi nisa menggunakan berbagai transportasi dan kita dapat juga menikmati Air Terjun Ayek Deghian ini dengan mengajak keluarga karena jarak tempuh dari desa sawah hanya butuh waktu 20 – 30 menit dan kendaraan bisa dibawa sampai ke Talang perkebunan masyarakat.

Selain itu potensi keindahan Air Terjun Ayek Deghiaan ini untuk sampai ke lokasi, wisatawan akan disuguhkan dengan kearifan lokal masyarakat yang bercocok tanam, sepanjang perjalanan akan ditemui kebun sayur mayur, kebun kakau, kebun kopi dan buah-buahan perkebunan masyarakat dan perkebunan kopi yang sudah berumur puluhan tahun.

“Air Terjun Ayek Deghian ialah salah satu pariwisata yang Saya rekomendasikan untuk dapat dimaksimalkan pembangunan sarana dan prasarana untuk dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk datang dan berkunjung ke Desa Sawah,” ucap Mario.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More