intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Mengintip Pesona Taman Nasional Sembilang Merbak di Banyuasin

0 30

Intens.news, BANYUASIN – Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata cukup banyak di Provinsi Sumatera Selatan. Kondisi geografisnya yang sangat luas, dengan wilayah air dan daratnya membuat Banyuasin memiliki kekayaan alam tersendiri.

Salah satu potensi pariwisata yang telah mencuri perhatian yaitu Taman Nasional Sembilang Merbak, yang berada di Kecamatan Banyuasin II. Taman ini dikenal termasuk kawasan wisata yang paling indah  karena mata dimanjakan pemandangan alam dan berbagai jenis burung bertentangan.

Pada saat bulan Oktober hingga Maret, yaitu adanya perpindahan atau burung migran dari Siberia menuju Australia. Untuk menuju lokasi TN Sembilang Merbak, harus menggunakan transportasi speedboat sekitar 2 – 3 jam lebih berangkat dari BKB Palembang atau dari Simpang PU, Tanjung Lago, Banyuasin.

Diperkirakan lebih dari 65 jenis burung air yang berkembang biak di lahan basah indonesia khususnya TN Sembilang Merbak (penetap/resident). Selain itu ada sekitar 27 jenis burung yang migran di dataran lumpur Semanjung Banyuasin – TN Sembilang Merbak setiap tahunnya.

Mulai dari jenis burung Trinil pembalik batu, burung pantai, burung kedidi putih, burung kedidi merah, burung kedidi gol – gol, burung kedidi leher merah, burung kedidi besar, burung cerek tilil, burung cerek pasir besar, burung cerek pasar mongolia, burung biru laut ekor blorok, burung biru laut ekor hitam.

Burung trinil lumpur asia, burung kedidi paruh besar, burung gajahan besar, burung gajahan timur, burung gajahan pengala, burung cerek kunyut, burung cerek besar, burung trinil tutul, burung trinil semak, burung trinil nordman, burung trinil kaki hijau, burung hijau, burung trinil rawa, burung trinil kaki merah dan burung trinil bedaran.

“Kita mempunyai Taman Wisata yang Indah dengan berbagai jenis burung. Ada burung yang migran disana, terutama pada bulan Oktober – Januari. Diperkirakan mencapai jutaan burung berada disana,”ujar Bupati Banyuasin H Askolani SH MH melalui Asisten 1 Setda, Kosarudin, Sabtu (30/11/2019).

Kepala Bappeda Litbang Banyuasin, Erwin Ibrahim mengatakan kawasan TN Sembilang yang memiliki luas sekitar 2.051 km2 ini terdapat Harimau Sumatera, Gajah Asia, Tapir Asia, Siamang, Kucing Emas, Rusa Sambar, Buaya Muara, Ikan Sembilang, Penyu Air Tawar Raksasa, Lumba-Lumba Air Tawar.

Bahkan wisatawan mancanegara, lokal sudah pernah mendatangi lokasi Taman Nasional Sembilang untuk menikmati keindahan lokasi tersebut. Apalagi kawasan TN Sembilang juga dijadikan objek foto buat wisatawan dan pernah ada lomba burung siberia.”Kita lakukan promisi berbagai tempat untuk menarik minat wisatawan mancanegera dan lokal,”ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, di Kabupaten Banyuasin memiliki kampung nelayan yang berjarak sekitar dua jam dari Kota Palembang. Karena banyak sekali daya tarik dari Kampung Nelayan Sungsang tersebut kepada para wisatawan, seperti kehidupan nelayan, tata hidup sehari-hari nelayan, menikmati sun sire, sun set di sungsang, memancing bagi yang hobi dan lain sebagainya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More