intens.news
Mitra Informasi

Menikmati Kesegaran Alam Nan Eksotik di Air Terjun Sanghe

0 28

Intensnews,EMPATLAWANG- Menyaksikan alam yang masih natural dan liar, adalah bagian keindahan kekuasaan Tuhan yang patut di syukuri. Namun tidak sembarangan orang yang mampu ke tempat-tempat tersebut. Selain memiliki jiwa petualang yang tinggi, peralatan memadai, dan biaya yang mencukupi, medan tempat lokasi tersebut sangat berbahaya untuk di kunjungi.

Tapi di Empat lawang, terdapat air terjun Sanghe yang alamnya masih sangat liar. Letaknya pun tidak terlalu jauh, dan mudah di akses masyarakat. Lokasi air terjun itu berada di desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Jarak tempuhnya hanya 30 menit dari pusat kota Tebing Tinggi.

Akan lebih mudah sampai ke lokasi jika menggunakan sepeda motor. Sebab, pemerintah juga sudah membangun akses jalan ke kawasan tersebut. Namun, butuh waktu sekitar 20 menit jika di tempuh dengan berjalan kaki.

Jika berjalan kaki, wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang asri dan penduduknya yang ramah. Pengunjung kemudian melintasi kebun-kebun warga, dan dapat melihat pohon kopi dan kebun sawit.

Mendekati lokasi air terjun Sanghe, pepohonan lebat mendinginkan suasana. Aroma air dan angin yang sepoi, serta matahari yang tertutup pepohonan memberi sedikit kesan mistik. Ditengah jalanan yang mulai landai dan anak tangga menurun yang agak licin, harus membuat pengunjung ekstra hati-hati. Namun, hal itu terbayar saat air terjun Sanghe terlihat menawan dalam tatapan mata. Curahan air yang menggema mengurai rasa penat ditengah kolam air yang dingin dan segar.

Air terjun itu tidak terlalu tinggi hanya sekitar 6 meter, di sekelilingnya di tutupi rimbunan pepohonan lebat. Terdapat tulisan besar “Air Terjun Sanghe” tepat di sampingnya. Meski terlihat kurang bersih karena banyak di temukan sampah plastik, namun air bening yang mengaliri desa Terusan Baru itu benar-benar menantang pengunjung untuk berendam.

Di lokasi tersebut, sudah ada wc dan kamar mandi tempat berganti baju. Namun, tidak di temukan warga yang berjualan makanan di pinggir-pinggir lokasi. Dan jika pengunjung berencana ke lokasi tersebut, selain mempersiapkan baju dan peralatan lainnya, pengunjung harus membawa makanan sendiri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi mengatakan, air terjun Sanghe adalah salah satu destinasi wisata di Empat Lawang. Kawasan tersebut memang sudah di kelola oleh pemerintah, dan akan terus dilakukan pembangunannnya.

“Selain menikmati suasana alam para pengunjung bisa beramain air, mandi, berselfi, serta menikmati bekal makanan yang dibawa dengan memandang percikkan air yang jatuh dari atas bebatuan,” kata Ahmad Nawawi.

Menurut dia, sudah banyak orang yang mengunjungi air terjun Sanghe tersebut setiap akhir pekan. Karena keindahannya banyak yang menjadikannya view swa foto, bahkan ada juga calon pengantin yang melakukan pra wedding dengan background air terjun Sanghe. Tahun ini lokasi wisata tersebut akan  dipercantik lagi sehingga bisa menjadi wisata andalan di Kabupaten Empat Lawang.

“Air Terjun Sanghe telah memiliki fasilitas sarana dan prasarana seperti toilet, ruang ganti pakaian, serta gazeboh untuk beristirahat setelah para pengunjung bersenang-senang bermain air dan mandi,” katanya.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More