intens.news
Mitra Informasi

Meniru Instruksi Askolani

0 27

KEBIJAKAN Bupati Banyuasin H Askolani menginstruksikan tiap pejabat wajib membedah satu rumah warga miskin yang tak laik huni patut diacungi dua jempol, hal ini sewajarnya menjadi acuan bagi kepala daerah yang ada di Sumsel.

Instruksi Askolani menyusul banyaknya rumah warga yang tak laik huni masih berada di Bumi Sedulang Setudung. Bahkan dikabarkan, orang nomor satu di Banyuasin ini akan memulai mengeluarkan dananya untuk melakukan bedah rumah bagi warga miskin. Instruksi yang Pro Rakyat ini tentu disambut banyak pihak.

Bayangkan, jika semua kepala daerah mulai dari bupati dan walikota di Sumsel ini meniru hal ini, sudah berapa banyak warga miskin terbantu. Sederhananya, kepala daerah jangan hanya melancarkan program yang hanya sebatas jargon-jargon, sebatas kamuflase kata, untuk mengajak ke arah mimpi-mimpi masa depan yang belum pasti.

Dari Askolani, kepala daerah bisa sedikit mengemas instruksinya dengan berbagai varian, jika di Banyuasin satu pejabat membedah satu rumah warga miskin tak laik huni, bisa jadi diubah dengan satu pejabat menanggung makan sebulan warga miskin.

Jika demikian, keintiman antara pemerintah dengan rakyat merasa lebih intens, pemerintah seakan begitu hadir ditengah keberagaman masalah rakyat. Kuncinya, bagaimana sang kepala daerah itu sendiri, mampu dan mempunyai kebijakan yang memang tepat dan tepat menyentuh hati rakyatnya.

Kendati hanya sebatas instruksi (perintah), namun sejatinya, Pemerintah Banyuasin telah memberikan sinyalnya untuk memajukan kesejahteraan rakyat.

Sayangnya, sebagian daerah di Sumsel, narasinya hanya begitu-begitu saja, masih berkutat dengan hal masa lalu, dendam politik dan “Ingin” makan “Uang rakyat” masih jadi sasaran empuk. Alhasil, pembangunan infrastruktur dan lainnya masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) terbesar.

Akhirnya, kita hanya berdoa, semoga kepala daerah di Sumsel ini, mampu memberikan sesuatu yang lebih dan nyata terhadap masyarakatnya. Bukan hanya sebatas kata tapi fakta, yang bisa dipegang dan dirasakan rakyat seluruhnya. (**)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More