intens.news
Mitra Informasi

Meski Ditengah Pandemi, Pembuatan Akta Kelahiran Justru Meningkat

0 23

Intens.news, PALEMBANG- Pembuatan akte kelahiran mengalami peningkatan dalam satu bulan bisa mencapai 2000 orang membuat akte kelahiran.  

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Catatan Sipil (Discapil) Kota Palembang, Naro, mengatakan, dari data yang di dapat pembuatan akte kelahiran meningkat untuk tahun 2020 dari Januari sampai dengan 21 September berjumlah 20.563.

“Meski adanya COVID-19, jumlah pembuatan akte kelahiran menjadi menurun, ternyata tidak malah meningkat,” katanya, Senin (21/9/2020).

Dikatakannya, membuat akte ini sendiri harus memasukkan nama anak terlebih dahulu kedalam Kartu Keluarga (KK). “Jika nama anak yang baru lahir tidak terdaftar kedalam KK maka tidak bisa membuat akte kelahiran,” jelasnya.

Untuk pembuatan akta kelahiran ini sendiri, kata dia, harus mengikuti prosedur yang sudah di tetapkan dan syarat-syarat pembuatan Akte Kelahiran

“Surat keterangan kelahiran dari rumah sakit, dokter atau bidan. KK asli dan Fotokopi KK bagi penduduk. Fotokopi KTP orang tua. Asli dan fotokopi surat nikah/akta perkawinan orang tua. Asli dan fotokopi paspor bagi orang asing,” katanya.

Sebab, akta kelahiran adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. “Dengan adanya dokumen ini merupakan tanda bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil” singkatnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More